PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTUREvPADA SISWA KELAS IV MIN GLUGUR DARAT II MEDAN TIMUR TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Eka Yusnaldi

Abstract


ABSTRAK

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS yang diperoleh siswa. Ini disebabkan model dan strategi dalam pembelajaran kurang dilaksanakan dengan baik dan siswa kurang dilibatkan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan meningkatkan: (a) hasil belajar siswa kelas IV MI pada mata pelajaran IPS, (b) penggunaan model pembelajaran picture and picture pada mata pelajaran IPS di kelas IV.  pengumpulan data dilakukan melalui: (a) tes tertulis, (b) wawancara, (c) observasi, dan (d) catatan lapangan. Penelitian dilakukan dua siklus dan setiap siklus terdiri tahapan penelitian tindakan kelas, yaitu: (a) tahapan perencanaan (planning), peneliti menyusun suatu perencanaan yang menjelaskan tentang apa, mengapa, kapan di mana, oleh siapa, dan bagaimana tindakan tersebut akan dilakukan  (b) tahapan tindakan (action), kegiatan yang dilakukan adalah melaksanakan pembelajaran sesuai dengan skenario pembelajaran yang telah disusun dengan mengutamakan tindakan yang ingin diterapkan yaitu meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model picture and picture (c) tahapan pengamatan (observation), dilakukan untuk mengetahui kesesuaian tindakan dengan rencana yang telah ditetapkan sekaligus mengetahui sejauhmana tindakan dapat menghasilkan perubahan yang sesuai dengan yang dikehendaki dan (d) tahapan refleksi (reflection), Hasil yang didapatkan dari tahap tindakan dan observasi dikumpulkan dan dianalisa, sehingga diperoleh suatu kesimpulan dari tindakan yang telah dilaksanakan.

Dalam penelitian ini yang menjadi subjek adalah siswa MI kelas IV sebanyak 32 siswa. Tindakan pada siklus I yang berhasil sebanyak 21 siswa (65,63%) sedangkan siswa yang belum berhasil sebanyak 11 siswa (34,37%), dan skor rata-rata 69,68. Dengan demikian dapat diketahui bahwa kemampuan siswa pada tindakan siklus I ini dalam memahami materi berdasarkan tingkat keberhasilan masih tergolong rendah atau belum tuntas. Pada tindakan siklus II yang telah berhasil dalam belajar sebanyak 28 siswa (87,5%), yang belum tuntas sebanyak 4 siswa (12,5%) dengan skor rata-rata 85,31. Dengan demikian dapat diketahui bahwa kemampuan siswa dalam memahami materi perkembangan teknologi transportasi di lingkungan kabupaten/kota dan propinsi serta penggunaannya sudah berhasil atau tuntas. Berdasarkan data di atas peneliti menyimpulkan bahwa hipotesis penelitian diterima.

 

Kata kunci: Hasil belajar IPS dan model pembelajaran picture and picture


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jt.v3i1.1204

Article Metrics

Abstract view : 685 times
PDF - 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by

 

Department of Primary Education
Universitas Negeri Medan

Jl. Willem Iskandar / Pasar V, Medan, Sumatera Utara – Indonesia
Kotak Pos 1589, Kode Pos 20221
Telp. (061) 6613365, Fax. (061) 6614002 / 6613319




Creative Commons License
Jurnal Tematik is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.