Peningkatan Hasil Belajar IPS dan Kecakapan Sosial Siswa dengan Model Cooperative Learning Think Pair Share di Kelas V SDN 050648 Bandar Muda Kecamatan Bahorok Kabupaten Langkat.

Authors

  • Muhdizam Rida

DOI:

https://doi.org/10.24114/jt.v3i1.1209

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS, kecakapan sosial siswa, dan penggunaan Model Cooperative Learning Think Pair Share. Penelitian merupakan penelitian tindakan kelas dengan jumlah siswa 30 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data terdiri dari  tes hasil belajar IPS, angket kecakapan sosial siswa, dan observasi penggunaan Model Cooperative Learning Think Pair Share. Analisis data untuk melihat adanya peningkatan hasil belajar IPS dan kecakapan sosial siswa dengan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model Cooperative Learning Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar IPS. Siklus I nilai rata-rata hasil belajar IPS siswa 70 meningkat menjadi 81 pada siklus II. Secara klasikal, jumlah siswa yang memperoleh nilai  65 (kategori cukup) juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu 23 orang (76,67%) menjadi 28 orang (93,33%) dari 30 orang siswa. Kecakapan sosial siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Indikator bekerjasama dengan teman yang lain meningkat dari 66,67% menjadi 86,67%; tanggung jawab sosial  meningkat dari 63,33% menjadi 86,67%; mengendalikan emosi  meningkat dari 76,67% menjadi 80%; œberinteraksi dengan teman lain  meningkat dari 60% menjadi 87,67%; mengelola konflik meningkat dari 76,67% menjadi 93,33%; toleransi meningkat dari 73,33% menjadi 86,67%;  membudayakan sikap sportif dan disiplin meningkat dari 70% menjadi 80%;  mendengarkan teman yang lain meningkat dari 63,33% menjadi 80%; dan berkomunikasi dengan teman lain meningkat dari 73,33% menjadi 80%; memimpin meningkat dari 70% menjadi 83,33%. Penggunaan model pembelajaran kooperatif TPS juga mengalami peningkatan untuk masing-masing indikatornya, yaitu  dengan nilai > 70. Model pembelajaran kooperatif TPS dapat dijadikan salah satu alternatif bagi guru dalam menyajikan pelajaran pada mata pelajaran IPS.   Kata Kunci:     Penelitian Tindakan Kelas, Kecakapan Sosial,  IPS, TPS, Hasil Belajar