Peningkatan Hasil Belajar IPS dan Kecakapan Sosial Siswa dengan Model Cooperative Learning Think Pair Share di Kelas V SDN 050648 Bandar Muda Kecamatan Bahorok Kabupaten Langkat.

Muhdizam Rida

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS, kecakapan sosial siswa, dan penggunaan Model Cooperative Learning Think Pair Share. Penelitian merupakan penelitian tindakan kelas dengan jumlah siswa 30 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data terdiri dari  tes hasil belajar IPS, angket kecakapan sosial siswa, dan observasi penggunaan Model Cooperative Learning Think Pair Share. Analisis data untuk melihat adanya peningkatan hasil belajar IPS dan kecakapan sosial siswa dengan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model Cooperative Learning Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar IPS. Siklus I nilai rata-rata hasil belajar IPS siswa 70 meningkat menjadi 81 pada siklus II. Secara klasikal, jumlah siswa yang memperoleh nilai  65 (kategori cukup) juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu 23 orang (76,67%) menjadi 28 orang (93,33%) dari 30 orang siswa. Kecakapan sosial siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Indikator ”bekerjasama dengan teman yang lain” meningkat dari 66,67% menjadi 86,67%; ”tanggung jawab sosial”  meningkat dari 63,33% menjadi 86,67%; ”mengendalikan emosi”  meningkat dari 76,67% menjadi 80%; “berinteraksi dengan teman lain”  meningkat dari 60% menjadi 87,67%; ”mengelola konflik” meningkat dari 76,67% menjadi 93,33%; ”toleransi” meningkat dari 73,33% menjadi 86,67%;  ”membudayakan sikap sportif dan disiplin” meningkat dari 70% menjadi 80%;  ”mendengarkan teman yang lain” meningkat dari 63,33% menjadi 80%; dan ”berkomunikasi dengan teman lain” meningkat dari 73,33% menjadi 80%; ”memimpin” meningkat dari 70% menjadi 83,33%. Penggunaan model pembelajaran kooperatif TPS juga mengalami peningkatan untuk masing-masing indikatornya, yaitu  dengan nilai > 70. Model pembelajaran kooperatif TPS dapat dijadikan salah satu alternatif bagi guru dalam menyajikan pelajaran pada mata pelajaran IPS.

 

Kata Kunci:     Penelitian Tindakan Kelas, Kecakapan Sosial,  IPS, TPS, Hasil Belajar




DOI: https://doi.org/10.24114/jt.v3i1.1209

Article Metrics

Abstract view : 89 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by

 

Department of Primary Education
Universitas Negeri Medan

Jl. Willem Iskandar / Pasar V, Medan, Sumatera Utara – Indonesia
Kotak Pos 1589, Kode Pos 20221
Telp. (061) 6613365, Fax. (061) 6614002 / 6613319




Creative Commons License
Jurnal Tematik is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.