PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN SIKAP BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA DI SMP SWASTA AWAL KARYA PEMBANGUNAN KABUPATEN DELI SERDANG T.P. 2012/2013
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar kemampuan membaca siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran quantum teaching dengan strategi pembelajaran ekspositori, (2) Perbedaan hasil belajar kemampuan membaca siswa yang memiliki sikap belajar tinggi dengan sikap belajar rendah, (3) Interaksi antara strategi pembelajaran dan sikap belajar terhadap hasil belajar kemampuan membaca siswa.
Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta Awal Karya Pembangunan Tumpatan Kabupaten Deli Serdang T.P. 2012/2013 sebanyak 96 orang siswa. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah teknik random sampling. Sampel penelitian berjumlah 62 siswa dimana 32 siswa sebagai kelompok eksperimen yang diajar menggunakan strategi pembelajaran quantum teaching dan 30 siswa sebagai kelompok yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran ekspositori.
Instrumen penelitian dengan menggunakan tes sikap belajar siswa dan tes hasil belajar kemampuan membaca siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah quasy eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji ANAVA dua jalur pada taraf signifikan α=0,05.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar kemampuan membaca siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran quantum teaching lebih tinggi dibandingkan yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori (rata-rata hasil belajar menggunakan quantum teaching = 77,88 > rata-rata hasil belajar menggunakan strategi ekspositori = 74,50) (2) Terdapat perbedaan hasil belajar kemampuan membaca siswa yang memiliki sikap belajar tinggi dan rendah (rata-rata hasil belajar dengan sikap belajar tinggi =78,32> rata-rata hasil belajar dengan sikap belajar rendah =73,89), (3) Terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan sikap belajar terhadap hasil belajar kemampuan membaca siswa (Fhitung = 4,37 > Ftabel = 3,980)
Kata kunci: Strategi pembelajaran, sikap belajar dan kemampuan membaca
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jt.v3i1.1210
Article Metrics
Abstract view : 111 timesPDF - 1 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Published by
Department of Primary Education
Universitas Negeri Medan
Jl. Willem Iskandar / Pasar V, Medan, Sumatera Utara – Indonesia
Kotak Pos 1589, Kode Pos 20221
Telp. (061) 6613365, Fax. (061) 6614002 / 6613319
Jurnal Tematik is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.