PENGEMBANGAN BAHAN AJAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 TALAWI TAHUN PELAJARAN 2013-2014

Herty Arnita Sinaga

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan bahan ajar yang layak digunakan, mudah dipelajari, dan dapat dipakai untuk pembelajaran individual; (2) untuk mengetahui keefektifan bahan ajar yang dikembangkan pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan produk Borg dan Gall yang dipadu dengan model desain pembelajaran Dick dan Carey. Metode penelitian terdiri dari dua tahapan, tahap I merupakan uji coba produk yang terdiri dari: (1) validasi ahli materi pelajaran, (2) validasi ahli desain pembelajaran, (3) Uji coba perorangan, (4) uji coba kelompok kecil, dan (5) uji coba lapangan terbatas; tahap II merupakan uji efektivitas produk dengan cara: (1) menguji normalitas data penelitian, (2) menguji homogenitas data penelitian, (3) menguji hipotesis penelitian, dan (4) menghitung nilai efektivitas bahan ajar yang dikembangkan. Produk akhir dari pengembangan bahan ajar ini dilanjutkan dengan uji keefektifan produk. Penelitian dilakukan pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Talawi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen. Sampel penelitian sebanyak 80 orang siswa yang terdiri dari 40 orang siswa sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan bahan ajar dan 40 siswa lain sebagai kelas kontrol yang menggunakan buku teks sebagaimana berlangsung selama ini dalam proses pembelajaran. Hasil pengujian hipotesis membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan bahan ajar dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan buku teks. Hal ini ditunjukkan dengan hasil pengolahan data diperoleh thitung =8,8 > ttabel = 1,6689, dengan dk = (n1 + n2 -2) pada taraf signifikansi α = 0,05. Disimpulkan bahwa hasil belajar kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan bahan ajar sebesar 96,8% lebih tinggi dari kelompok siswa yang dibelajarkan dengan buku teks 81,1%.


Full Text:

PDF PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jt.v5i02.2242

Article Metrics

Abstract view : 19 times
PDF - 0 times PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by

 

Department of Primary Education
Universitas Negeri Medan

Jl. Willem Iskandar / Pasar V, Medan, Sumatera Utara – Indonesia
Kotak Pos 1589, Kode Pos 20221
Telp. (061) 6613365, Fax. (061) 6614002 / 6613319




Creative Commons License
Jurnal Tematik is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.