ANALISIS DIMENSI PROFESIONALISME GURU PAUD DALAM MATERI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN UNTUK ANAK USIA DINI
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk melukiskan gambaran ruang lingkup profesionalisme profesional guru anak usia dini dalam kaitannya dengan topik teknik dan taktik pembelajaran anak usia dini. Baik metodologi kuantitatif dan deskriptif digunakan dalam penelitian ini. Seluruh kurikulum pembelajaran anak usia dini yang menggunakan kurikulum berbasis KKNI sebagai landasannya berfungsi sebagai populasi penelitian. Silabus cara dan taktik untuk pembelajaran anak usia dini berfungsi sebagai sampel penelitian. Hampir setengah dari dimensi profesi guru PAUD atau 40,75 persen dimasukkan dalam rencana pembelajaran semester (RPS) untuk mata kuliah Pendekatan dan Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini. Dibandingkan dengan bagian lain dari dimensi profesionalisme, yang menampilkan sebanyak 52% dalam RPS mata kuliah Pendekatan dan Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini, faktor keterampilan (skill) merupakan aspek dimensi profesional yang sebagian besar terkandung dalamnya.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jt.v13i1.23962
Article Metrics
Abstract view : 166 timesPDF - 81 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Published by
Department of Primary Education
Universitas Negeri Medan
Jl. Willem Iskandar / Pasar V, Medan, Sumatera Utara – Indonesia
Kotak Pos 1589, Kode Pos 20221
Telp. (061) 6613365, Fax. (061) 6614002 / 6613319
Jurnal Tematik is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.