PENINGKATAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PROBLEM POSING PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI NO. 105321 TUMPATAN NIBUNG KECAMATAN BATANG KUIS KABUPATEN DELI SERDANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas matematika dan hasil belajar matematika dalam materi menghitung luas segibanyak pada siswa kelas VI SD Negeri No. 105321 Tumpatan Nibung melalui problem posing. Peneitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan subjek penelitian siswa kelas VI SD Negeri No. 105321 Tumpatan Nibung sejumlah 21 siswa. Data diperoleh dengan metode observasi dan tes. Istrumen yang digunakan adalah lembar pengamatan proses pembelajaran problem posing dan tiga butir tes kreativitas matematika serta tujuh butir tes hasil belajar matematika. Data diolah dengan teknik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan kreativitas matematika dalam menyelesaikan soal matematika divergen pada materi menghitung luas segibanyak, pada pratindakan siswa yang kreatif dan sangat kreatif ada 7 orang siswa (33%) terjadi peningkatan menjadi 12 orang siswa (57%) pada siklus I dan pada siklus II siswa yang kreatif dan sangat kreatif terjadi peningkatan menjadi 16 orang siswa (76%). Juga terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar matematika siswa dari pratindakan, siklus I dan siklus II dengan nilai kriteria ketuntasan minimal 70. Jumlah dan persentase siswa yang mencapai ketuntasan hasil belajar matematika dengan nilai kriteria ketuntasan minimal 70 dari pratindakan, siklus I dan siklus II berturut-turut: pratindakan adalah 7 orang siswa dengan ketuntasan 33%, siklus I terjadi peningkatan 14 orang siswa dengan ketuntasan 67% dan pada siklus II terjadi peningkatan 17 orang siswa dengan ketuntasan 81%. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila minimal 75% siswa kreatif dan atau sangat kreatif.serta tuntas dalam hasil belajarnya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kreativitas dan hasil belajar matematika materi menghitung luas segibanyak melalui pendekatan problem posing pada siswa kelas VI SD Negeri No. 105321 Tumpatan Nibung. Saran dari peneliti adalah pendekatan problem posing perlu diterapkan di Sekolah Dasar.
DOI: https://doi.org/10.24114/jt.v4i01.3153
Article Metrics
Abstract view : 152 timesPDF - 98 times PDF () - 3 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Published by
Department of Primary Education
Universitas Negeri Medan
Jl. Willem Iskandar / Pasar V, Medan, Sumatera Utara – Indonesia
Kotak Pos 1589, Kode Pos 20221
Telp. (061) 6613365, Fax. (061) 6614002 / 6613319
Jurnal Tematik is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.