PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN PENDEKATAN KONVENSIONAL PADA MATERI OPERASI PECAHAN DI KELAS VII SMP NEGERI 1 SIANTAR T.A. 2012/2013

Gayus Simarmata

Abstract


Kecenderungan anggapan siswa bahwa materi operasi pecahan yang dipelajari tidak bermanfaat dalam kehidupannya sehari-hari disebabkan  karena dalam proses belajar mengajar, guru menggunakan pendekatan konvensional. Alternatif dari solusi masalah tersebut adalah  pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Penelitian eksperimen dikelas VII SMP Negeri 1 Siantar menunjukkan hasil pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual (kelas eksperimen) lebih baik dan berbeda secara signifikan dari pembelajaran dengan pendekatan konvensional (kelas kontrol). Untuk meningkatkan hasil belajar siswa, disarankan guru mata pelajaran matematika memilih pembelajaran dengan pendekatan kontekstual.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jt.v4i01.3157

Article Metrics

Abstract view : 217 times
PDF - 159 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by

 

Department of Primary Education
Universitas Negeri Medan

Jl. Willem Iskandar / Pasar V, Medan, Sumatera Utara – Indonesia
Kotak Pos 1589, Kode Pos 20221
Telp. (061) 6613365, Fax. (061) 6614002 / 6613319




Creative Commons License
Jurnal Tematik is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

slot gacor slot