PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN GAYA BERPIKIR TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V SD NEGERI 104202 BANDAR SETIA PERCUT SEI TUAN T.P. 2012/2013

Sunariadi Sunariadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hasil belajar keterampilan berbicara siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran mind mapping lebih tinggi dibandingkan siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori, (2) Perbedaan hasil belajar keterampilan berbicara siswa yang memiliki gaya berpikir konkret dan abstrak, (3) Interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya berpikir terhadap hasil belajar keterampilan berbicara siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian quasy eksperimen dengan faktorial 2x2. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas  V di Sekolah Dasar Negeri 104202 Bandar Setia Percut Sei Tuan T.P. 2012/2013. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah teknik total sampling. Sampel penelitian berjumlah 68  siswa dimana 34 siswa sebagai kelompok eksperimen yang diajarkan dengan strategi pembelajaran mind mapping dan  34 siswa sebagai kelompok yang diajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori. Instrumen penelitian dengan menggunakan tes gaya berpikir siswa dan tes hasil belajar keterampilan berbicara siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain faktorial 2 x 2. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji ANAVA dua jalur pada taraf signifikan α=0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar keterampilan berbicara siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran mind mapping lebih tinggi dibandingkan yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori  (Fhitung = 4,69 > Ftabel = 3,98), (2) Terdapat perbedaan hasil belajar keterampilan berbicara siswa yang memiliki gaya berpikir konkret dan abstrak (Fhitung = 4,34> Ftabel = 3,98), (3) Terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya berpikir terhadap hasil belajar keterampilan berbicara siswa siswa (Fhitung = 13,43 > Ftabel = 3,98).

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jt.v4i02.3161

Article Metrics

Abstract view : 166 times
PDF - 114 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by

 

Department of Primary Education
Universitas Negeri Medan

Jl. Willem Iskandar / Pasar V, Medan, Sumatera Utara – Indonesia
Kotak Pos 1589, Kode Pos 20221
Telp. (061) 6613365, Fax. (061) 6614002 / 6613319




Creative Commons License
Jurnal Tematik is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

slot gacor slot