PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIVE TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN EKONOMI DI KELAS VII NEGERI 37 MEDAN
Abstract
Karya tulis ini merupakan laporan penelitian tindakan kelas yang dilakukan oleh peneliti dengan kegiatan yang terdiri dari 2 siklus dengan menerapkan model pembelajaran Koperatif Tipe Jigsaw. Untuk ini dilakukan penelitian di kelas VII (TUJUH) SMP Negeri 37 Medan dengan memilih kelas tindakan, yaitu kelas VII-2 dengan siswa yang berjumlah 34 orang. Pembelajaran berlangsung secara baik dan menggembirakan, siswa aktif mengikuti pembelajaran, sehingga hasilnya pun cukup signifikan. Penelitian ini dilakukan dalam upaya untuk meningkatkan kemampuan belajar dan kemandirian para siswa di sekolah. Setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan medel pembelajaran Koperatif Tipe Jgsaw terdapat peningkatan hasi belajar yang cukup signifikan. Nilai rata-rata siswa sebelum dilaksanakannya tindakan adalah 50,55. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar siswa terjadi penurunan yaitu 65,29. Kemudian pada siklus II yaitu setelah dilaksanakannya tindakan sebagai refleksi dari siklus I nilai rata-rata hasil belajar siswa naik menjadi 77,64. Tingkat ketuntasan belajar siswa sebelum dilakukan tindakan adalah 10,10 %, setelah tindakan pada siklus I turun menjadi 49,11 % dan pada siklus II naik sehingga menjadi 81,23 % Demikian pula perubahan aktifitas siswa, terjadi peningkatan terhadap minat dan kemauan siswa untuk belajar. Tingkat kehadiran rata-rata siswa pada siklus I adalah 90 %, pada siklus II menjadi 97,5 %. Dalam melakukan aktivitas pembelajaran telah terjadi perubahan tingkah laku yang cukup baik..
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jt.v5i01.3218
Article Metrics
Abstract view : 121 timesPDF - 108 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Published by
Department of Primary Education
Universitas Negeri Medan
Jl. Willem Iskandar / Pasar V, Medan, Sumatera Utara – Indonesia
Kotak Pos 1589, Kode Pos 20221
Telp. (061) 6613365, Fax. (061) 6614002 / 6613319
Jurnal Tematik is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.