Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Media Gambar pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Huliana Br Sipayung

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan media gambar pada siswa kelas II B SDN 104205 Tembung. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II B SDN 104205 Tembung  yang berjumlah 25 orang. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas, guru melakukan perbaikan pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Media Gambar Pada Siswa kelas II B SD Negeri 104205 Tembung, maka dapat ditarik beberapa kesimpulan yaitu perhatian siswa akan terfokus pada pelajaran jika guru menyajikannya menggunakan model yang sesuai dapat meningkatkan hasil belajar dan aktifitas belajar siswa, hal ini dibuktikan dari nilai rata – rata tes hasil belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas II B Berdasarkan pre test yang telah dilakukan diperoleh gambaran letak kesulitan siswa yaitu siswa kurang mampu memahami materi pelajaran yang diberikan. Pada Tes Awal dari 25 siswa diperoleh nilai rata – rata secara klasikal yaitu 48,8 dengan presentase ketuntasan 28% atau sebanyak 7 orang siswa yang sudah tuntas. Pada Siklus I dari 25 siswa diperoleh nilai rata – rata secara klasikal yaitu 60,4 dengan presentase ketuntasan 48 % atau sebanyak 12 orang siswa yang sudah tuntas. Pada Siklus II dari 25 siswa diperoleh nilai rata – rata secara klasikal yaitu 73,2 dengan presentase ketuntasan 80 % atau sebanyak 20 orang siswa yang sudah tuntas.

 

Kata kunci: hasil belajar, media gambar, dan bahasa Indonesia.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jt.v6i2.4345

Article Metrics

Abstract view : 745 times
PDF - 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by

 

Department of Primary Education
Universitas Negeri Medan

Jl. Willem Iskandar / Pasar V, Medan, Sumatera Utara – Indonesia
Kotak Pos 1589, Kode Pos 20221
Telp. (061) 6613365, Fax. (061) 6614002 / 6613319




Creative Commons License
Jurnal Tematik is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.