Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual

Rina Anita Hasibuan

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 104205 Tembung dengan tujuan untuk mengetahui kesulitan-kesulitan siswa dalam memahami materi dan upaya peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V B SD Negeri 104205 Tembung. Dapat ditarik kesimpulan hasil penelitian pada tes awal yang dilakukan dari 40 orang siswa dengan nilai rata – rata 50,0 pada saat diberikan tes awal terdapat sebanyak 9 orang siswa yang tuntas (22,5%) dan sebanyak 31 orang siswa yang mendapat nilai belum tuntas (77,5%). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat dikatakan bahwa tes awal yang dilakukan guru kepada siswa menunjukkan tingkat keberhasilan siswa tergolong rendah dan dianggap belum tuntas. Kemudian untuk meningkatkan hasil belajar siswa dilakukan tindakan siklus I. Dari 40 orang siswa dengan nilai rata – rata 60,3 pada saat diberikan tes awal terdapat sebanyak 20 orang siswa yang tuntas (50%) dan sebanyak 20 orang siswa yang mendapat nilai belum tuntas (50%). Berdasarkan analisis data siklus I diperoleh kesimpulan sementara bahwa penggunaan pendekatan kontekstual yang dilakukan guru belum dapat meningkatkan hasil belajar siswa baik secara individu maupun secara keseluruhan, sehingga perlu perbaikan dan pengembangan pendekatan kontekstual pada siklus II. Pada tindakan siklus II merupakan perbaikan pembelajaran yang dilaksanakan pada siklus I. dari 40 orang siswa dengan nilai rata – rata 80,9 pada saat diberikan tes awal terdapat sebanyak 32 orang siswa yang tuntas (80%) dan sebanyak 8 orang siswa yang mendapat nilai belum tuntas (20%). Dengan demikian dapat dikatakan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA.

Kata kunci: hasil belajar, IPA, pendekatan kontekstual


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jt.v6i2.4346

Article Metrics

Abstract view : 165 times
PDF - 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by

 

Department of Primary Education
Universitas Negeri Medan

Jl. Willem Iskandar / Pasar V, Medan, Sumatera Utara – Indonesia
Kotak Pos 1589, Kode Pos 20221
Telp. (061) 6613365, Fax. (061) 6614002 / 6613319




Creative Commons License
Jurnal Tematik is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.