Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKn dengan Menggunakan Word Square Model

Rosnah Nasution

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn masih rendah dikarenakan guru hanya menggunakan metode ceramah dan lebih menekankan pada membuat catatan dari buku paket, keaktifan siswa siswa untuk bertanya dan menjawab pertanyaan dalam kegiatan KBM masih belum optimal sehingga siswa kurang termotivasi untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran PKn di kelas IV A SD Negeri 104214 Kedai Durian. Pembelajaran menggunakan model pembelajaran word square dengan berpedoman dari beberapa teori yang diberikan oleh para ahli diantaranya adalah pendapat dari Asep Mahfuds, Istarani, dan, Djohan Untung. Dengan menggunakan ketiga pendapat para ahli tersebut maka dapat disimpulkan bahwa model word square adalah model pembelajaran yang menggunakan kotak-kotak berupa teka-teki silang sebagai alat dalam menyampaikan materi ajar dalam proses belajar mengajar. Beberapa kesimpulan yang dapat ditarik dari hasil penelitian ini adalah berdasarkan data maka dapat diketahui pada pre tes dari 25 orang siswa dengan nilai rata – rata 54,4 pada saat diberikan tes awal terdapat sebanyak 9 orang siswa yang tuntas (36%) dan sebanyak 16 orang siswa yang mendapat nilai belum tuntas (64%). Dapat diketahui dari 25 orang siswa dengan nilai rata – rata 64,4 pada saat diberikan Siklus I terdapat sebanyak 14 orang siswa yang tuntas (56%) dan sebanyak 11 orang siswa yang mendapat nilai belum tuntas (44%). Dapat diketahui dari 25 orang siswa dengan nilai rata – rata 71,2 pada saat diberikan Siklus II terdapat sebanyak 21 orang siswa yang tuntas (84%) dan sebanyak 4 orang siswa yang mendapat nilai belum tuntas (16%).

Kata kunci: hasil belajar, PKn, Word Square Model.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jt.v6i2.4351

Article Metrics

Abstract view : 144 times
PDF - 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by

 

Department of Primary Education
Universitas Negeri Medan

Jl. Willem Iskandar / Pasar V, Medan, Sumatera Utara – Indonesia
Kotak Pos 1589, Kode Pos 20221
Telp. (061) 6613365, Fax. (061) 6614002 / 6613319




Creative Commons License
Jurnal Tematik is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.