Pengembangan Bahan Ajar IPS Berbasis Sejarah Lokal
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar yang sesuai dengan tuntutan SK/KD dalam kurikulum dan dapat memenuhi kebutuhan pendidik dalam mengajarkan materi Peninggalan Sejarah pada mata pelajaran IPS SD kelas IV di kota Medan, serta untuk mengetahui efektifitas bahan ajar pada pelajaran IPS materi Peninggalan Sejarah yang telah dikembangkan terhadap hasil belajar siswa di SD Negeri 066661 Medan Deli. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket kuisioner validasi bahan ajar dan tes hasil belajar siswa. Data validitas dianalisis menggunakan persentase skor. Klasifikasi persentase ditafsirkan dengan kalimat yang lebih kualitatif. Skor tes hasil belajar dianalisis dengan ketuntasan individual dan klasikal sesuai dengan yang ditetapkan dalam KTSP. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) produk yang dihasilkan telah valid dan layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran IPS SD kelas IV pada materi “Peninggalan Sejarah”, (2) efektifitas bahan ajar dapat dilihat dari perolehan ketuntasan individual dan klasikal siswa.
Kata kunci: penelitian pengembangan, bahan ajar, peninggalan sejarah.Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jt.v6i3.4544
Article Metrics
Abstract view : 1675 timesPDF - 20 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Published by
Department of Primary Education
Universitas Negeri Medan
Jl. Willem Iskandar / Pasar V, Medan, Sumatera Utara – Indonesia
Kotak Pos 1589, Kode Pos 20221
Telp. (061) 6613365, Fax. (061) 6614002 / 6613319
Jurnal Tematik is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.