Peningkatan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia dengan Metode Role Playing pada Materi Ajar Drama

Yulinda Yullinda

Abstract


Latar belakang penelitian ini ialah rendahnya kemampuan siswa dalam berbicara Bahasa Indonesia dan menurunnya aktifitas belajar di kelas V  SD Negeri Peudaya Kecamatan Padang Tiji Kabupaten Pidie, mengharuskan peneliti melakukan pembelajaran dengan metode role playing pada materi ajar drama untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa dan meningkatkan aktivitas belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Peudaya Kecamatan Padang Tiji Kabupaten Pidie. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi wawancara, dekumentasi, lembar observasi guru dan lembar observasi siswa pada saat melakonkan drama pendek.”Ini Sepeda Siapa?” Hasil penelitian yang diperoleh: (1). Penerapan pembelajaran dengan menggunakan metode role playing dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Hal ini diketahui dari rata-rata nilai kemampuan berbicara siswa sebelum dilakukan penelitian yaitu ≥65. Setelah dilakukan tindakan, hasil rata-rata penilaian kemampuan berbicara pada siklus I sebesar 65,4 kemudian siklus II  80,5 atau meningkat sebesar 15,3 dari siklus I. Perolehan rata-rata kemampuan berbicara melalui metode role playing meningkat dan berhasil, (2). Penerapan pembelajaran dengan menggunakan metode role playing dapat meningkatkan aktivitas kemampuan berbicara siswa. Hal ini diketahui dari aspek penilaian kegiatan siswa mencapai 87,61% pada siklus II. Aktivitas pembelajaran dengan metode role playing sangat menarik dan menyenangkan bagi siswa sehingga memberikan motivasi dalam berbicara. Hasil penelitian yang diperoleh diharapkan memberikan informasi bagi guru dan sekolah untuk menggunakan metode role playing untuk meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Indonesia di kelas V SD Negeri Peudaya Kecamatan Padang Tiji Kabupaten Pidie. Selain itu perlu ditingkatkan aktivitas belajar dalam pembelajaran di kelas.

Kata kunci: kemampuan berbicara, bahasa Indonesia, role playing, materi drama.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jt.v6i3.4547

Article Metrics

Abstract view : 340 times
PDF - 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by

 

Department of Primary Education
Universitas Negeri Medan

Jl. Willem Iskandar / Pasar V, Medan, Sumatera Utara – Indonesia
Kotak Pos 1589, Kode Pos 20221
Telp. (061) 6613365, Fax. (061) 6614002 / 6613319




Creative Commons License
Jurnal Tematik is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.