REFLEKSI DIRI MAHASISWA CALON GURU MELALUI VIDEO FILOSOFI PENDIDIKAN KI HAJAR DEWANTARA

Eko Febri Syahputra Siregar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui refleksi diri mahasiswa mengenai pembelajaran pada kurikulum merdeka berdasarkan video filosofi pendidikan Ki Hajar Dewantara. Penelitian ini didesaian dengan dekriptif kualitatif. Sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Inggris sebanyak 34 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dengan pertanyaan tertutup dan terbuka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) sebanyak 16 mahasiswa (47,1%) merespon video dengan perasaan sangat senang dan 18 mahasiswa (52,9%) merespon senang serta tidak seorang pun merespon tidak senang ataupun sangat tidak senang; 2) sebanyak 16 mahasiswa (47,1%) merespon penyajian video dengan sangat baik dan sebanyak 18 mahasiswa (52,9%) merespon baik serta tidak seorang pun merespon tidak setuju ataupun sangat tidak setuju; 3) mahasiswa menyadari bahwa guru harus mengenali peserta didiknya masing-masing sehingga dapat diketahui cara yang terbaik dalam  membelajarkannya; 4) mahasiswa mengemukakan gagasan bahwa setiap peserta didik tidak dapat disamakan dikarenakan memiliki keunikan masing-masing; 5) seluruh mahasiswa (34 orang) memiliki rasa optimis dalam memberikan perubahan dengan pembelajaran berpusat pada peserta didik; dan 6) mahasiswa memiliki rencana tindak lanjut yang positif gun amendukung perannya sebagai guru terutama dalam memahami karakteristik peserta didik masing-masing.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jt.v13i1.49539

Article Metrics

Abstract view : 105 times
PDF - 128 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by

 

Department of Primary Education
Universitas Negeri Medan

Jl. Willem Iskandar / Pasar V, Medan, Sumatera Utara – Indonesia
Kotak Pos 1589, Kode Pos 20221
Telp. (061) 6613365, Fax. (061) 6614002 / 6613319




Creative Commons License
Jurnal Tematik is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.