Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Cognitive Behavioral Therapy Kepada Gen Z Terhadap Perilaku Berpacaran

Penulis

  • Asiah Asiah Universitas Negeri Medan
  • Theresia Gultom Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.24114/jt.v14i1.67778

Kata Kunci:

Konseling Kelompok, Terapi Perilaku Kognitif, Perilaku Berpasangan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan konseling kelompok menggunakan pendekatan Cognitive Behavioral Therapy kepada gen Z terhadap perilaku berpacaran di SMAN 18 Medan. Metode yang digunakan penelitian ini adalah metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experimental dengan menggunakan One Grup Design Pre-Test Post-Test. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 orang siswa kelas X yang memiliki skor perilaku berpacaran tinggi. Instrument yang digunakan adalah skala perilaku pacaran. Instrument diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan layanan konseling kelompok. data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon untuk melihat adakah pengaruh signifikan pemberian layanan konseling kelompok pendekatan cognitive behavioral therapy terhadap perilaku berpacaran pada siswa. Hasil analisis diperoleh bahwa hasil awal (pre-test) pada kelompok eksperimen diperoleh rata-rata = 173,33 sedangkan data post-test diperoleh rata-rata = 95,66. Hasil analisis hipotesis menunjukkan bahwa uji jenjang Wilcoxon diperoleh Jhitung= 3 sedangkan Jtabel= 0. Jhitung > Jtabel dimana 3 > 0, dari perhitungan ini dapat dilihat perlakuan pada kelompok eskperimen artinya hipotesis yang berbunyi ada pengaruh signifikan pemberian layanan konseling kelompok pendekatan cognitive behavioral therapy terhadap perilaku berpacaran pada gen z di SMA Negeri 18 Medan dapat diterima.   Kesimpulan penelitian bahwa ada pengaruh yang signifikan dari pemberian layanan konseling kelompok melalui pendekatan cognitive behavioral therapy terhadap perilaku berpacaran.

Referensi

Adhiputra, A. A. N. (2015). Konseling Kelompok. Media Akademis.

Andrea, B., Gabriella, H. C., & Tímea, J. (2016). Y and Z generations at workplaces. Journal of Competitiveness, 8(3), 90–106. https://doi.org/10.7441/joc.2016.03.06

Anggraini, A., & Yuliani, I. (2023). Efektivitas Tingkat Pengetahuan Seks Bebas Terhadap Gaya Berpacaran Remaja Siswa Kelas XI di SMA Patriot Bekasi Wilayah Jawa Barat. MAHESA: Malahayati Health Student Journal, 3(10), 3040–3056. https://doi.org/10.33024/mahesa.v3i10.10911

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penlitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Dewi, R. (2020). Fenomena Cinta Pada Remaja Era Generasi Z Di SMAN 01 Perhentian Raja. Universitas Islam Riau Pekanbaru. https://repository.uir.ac.id/11706/%0Ahttps://repository.uir.ac.id/11706/1/148110069.pdf

Eko, T. A. Z. D. (2018). Perilaku Pacaran Pada Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama Di Kabupaten Tulungagung. Bimbingan Dan Konseling.

Elizabeth Bergner Hurlock. (1980). Elizabeth_Hurlock_Psikologi_Perkembangan.pdf (p. 447).

Evi, E., Sudirman, S., & Suriah, S. (2013). Perilaku Seksual pada Remaja yang Berpacaran di SMA Negeri 2 Kairatu Kabupaten Seram Bagian Barat. Media Kesehatan Masyarakat Indonesia.

Fadila, K. (2024). Strategi Dan Layanan Guru Bk Dalam Mengatasi Kasus Pacaran Pada Peserta Didik Kelas Viii D Mts N 1 Bandar Lampung.

Fahmi, N. N., & Slamet. (2016). Layanan Konseling Kelompok Dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa. Jurnal Hisbah, 13(1), 69–84. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/psdpd/article/view/17758

Febrianti, E. A., & Setyawati, S. P. (2022). Pemanfaatan Buku Panduan dalam Melaksanakan Konseling Kelompok. Prosiding Konseling Kearifan Nusantara (KKN), 2–6.

Fhadila, K. (2017). Menyikapi Perubahan Perilaku Remaja. Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 2(2), 17–23. https://jurnal.iicet.org/index.php/jpgi/article/view/220

Fitri, J. A. (2023). Perilaku Seksual Pada Remaja Yang Berpacaran (Studi Kasus SMP “X” Di Samarinda).

Haryati, E. F. (2020). Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mencegah Perilaku Berpacaran Remaja Smp. QUANTA: Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan, 4(3), 93–106. https://doi.org/10.22460/q.v4i3p93-106.1981

Hoogsteder, L. M., Stams, G. J. J. M., Figge, M. A., Changoe, K., van Horn, J. E.,

Hendriks, J., & Wissink, I. B. (2015). A meta-analysis of the effectiveness of individually oriented Cognitive Behavioral Treatment (CBT) for severe aggressive behavior in

adolescents. Journal of Forensic Psychiatry and Psychology, 26(1), 22–37. https://doi.org/10.1080/14789949.2014.971851

Ikhsanudin, D. (2022). Pacaran Bebas Remaja Jaman Now. Pendidikan Dan Pembelajaran, 2, 79–86.

Indi, A. C. (2020). Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Pendektan Cognitive Behavioral Therapy Terhadap Perilaku Berpacaran Siswa Kelas Xi Ips 1 Di SMA Negeri 2 Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2019-2020.

Indriasari, E. (2016). Meningkatkan Rasa Empati Siswa Melalui Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Pada Siswa Kelas Xi Ips 3 SMA 2 Kudus Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(2), 190–195. https://doi.org/10.24176/jkg.v2i2.718

Jabbar, A. A., Purwanto, D., Fitriyani, N., Marjo, H. K., & Hanim, W. (2019). Konseling Kelompok Menggunakan Pendekatan Cognitive Behavior Therapy (Cbt) Untuk Meningkatkan Kematangan Karir. Jurnal Selaras : Kajian Bimbingan Dan Konseling Serta Psikologi Pendidikan, 2(1), 35–46. https://doi.org/10.33541/sel.v2i1.1003

Januar, V., & Putri, D. E. (2007). Citra tubuh pada remaja putri menikah dan memiliki anak. Jurnal Psikologi, 1(1), 52–62.

Lestari, W., Program Studi Bimbingan dan Konseling, M., & Keguruan dan, F. (2018). Dampak Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perilaku Berpacaran (Studi Kasus Di SMP Negeri 3 Banda Aceh). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 3, 42–49.

Lubis Namora Lumongga, H. (2016). Konseling Kelompok. Kencana.

Mohammad, Ali & M, A. (2011). Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. In Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik (p. PT. Bumi Aksara).

Marlynda, L. (2017). Upaya Guru Bimbingan Konseling Dalam Mengatasi Perilaku Menyimpang Berpacaran Siswa. Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling, 3(1), 40. https://doi.org/10.22373/je.v3i1.1413

Masrul, A. (2015). Pacaran no way, why. PT Elex Media Komputindo.

Mulkiyan, M. (2017). Mengatasi Masalah Kepercayaan Diri Siswa melalui Konseling Kelompok. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 5(3), 136–142. https://doi.org/10.29210/120800

Munir, A. (2023). Model-Model Konseling. CV. Kencana Emas Sejahtera.

Narbuko Cholid, H. A. A. (2021). Metodelogi Penelitian. PT Bumi Aksara.

Oktafiani, R., Ramadhani, N. J., & Syahdila, Y. (2024). Pandangan Agama Terhadap Larangan Berzina Di Provinsi Aceh. Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya., 16(1), 1–23.

Perangin-Angin, S., Wijono, S., & Hunga, A. I. R. (2021). Applying Cognitive-Behavioral Therapy to Help Survivors of Dating Violence: A Pilot Study. Jurnal Psikologi, 48, 41–61.

Pratiwi, N. M. A. Y., & Lestari, M. D. (2017). Perbedaan Kualitas Komunikasi Antara Individu Dewasa Awal Yang Berpacaran Jarak Jauh Dan Jarak Dekat Di Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 4(1), 130–138. https://doi.org/10.24843/jpu.2017.v04.i01.p14

Purba, A. P. K. (2018). Hubungan Antara Interaksi Teman Sebaya Dengan Pacaran Pada Remaja Di Desa Pematang Johar.

Ratnawati, D., & Ulandari, T. S. (2019). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perilaku Berpacaran Pada Remaja Di Sman 6 Depok. Jurnal Keperawatan Widya Gantari Indonesia, 2(2), 125–144. https://doi.org/10.52020/jkwgi.v2i2.863

Rohana, S., Pamungkas, B., & Diyanti, S. (2020). Layanan Konseling Kelompok Dalam Mengembangkan Rasa Percaya Diri Anak Terlantar. Jurnal Dakwah Dan Kemasyarakatan, 21(2), 1–28. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/warda/article/view/7278

Saputro, K. Z. (2018). Memahami Ciri dan Tugas Perkembangan Masa Remaja. Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 17(1), 25. https://doi.org/10.14421/aplikasia.v17i1.1362

Sarwono, sarlito wirawan. (2008). Pengaruh pacaran terhadap perilaku seks pranikaSetiawan, R., & Nurhidayah, S. (2008). Pengaruh pacaran terhadap perilaku seks pranikah. Jurnal Soul, 1(2), 59–72. https://doi.org/10.1002/pitsh. Jurnal Soul, 1(2), 59–72.

Setiawati, D. (2016). Penerapan Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama Untuk Mengurangi Perilaku Pacaran Tidak Sehat Pada Siswa di SMA Negeri 1 Sumberjo. Jurnal BK, 06.

Sibarani, P. M. H., Alkaff, R. N., Nasir, N. M., Tahangacca, M., & Aristi, D. (2022). Gambaran Perilaku Bepacaran pada Siswa SMA X Jakarta Barat. Jurnal Masyarakat Sehat Indonesia, 1(1), 22–30. https://doi.org/10.70304/j

Sinaga, V. U., Tarigan, I. S., & Siburian, B. (2024). Perspektif Mahasiswa Prodi Teologi IAKN Tarutung Tentang Persepuluhan Pada Tahun 2024. 2(2).

Sudjana. (1996). Metode Statistika. Tarsito.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif Kuantitatif. In Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (p. 289). CV alfabeta.

Ummah, I. F. (2023). Pengaruh Pacaran Terhadap Perilaku Seksual Remaja Di Desa Pringanom Kecamatan Masaran Kabupaten Sragen. Nucl. Phys., 13(1), 104–116.

Wahidin Unang. (2017). Pendidikan Karakter Bagi Remaja. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 256–269.

Watson, D., Klohnen, E. C., Casillas, A., Simms, E. N., Haig, J., & Berry, D. S. (2004). Match makers and deal breakers: Analyses of assortative mating in newlywed couples. Journal of Personality, 72(5), 1029–1068. https://doi.org/10.1111/j.0022-3506.2004.00289.x

Yalçın, M., Arıtürk, S., Görgü Akçay, N. S., & Tekinsav Sütcü, S. (2024). Cognitive behavioral group therapy for anger management in juvenile delinquents: effectiveness study in a Turkey child prison. International Journal of Offender Therapy and Comparative Criminology.

Yandri, H., Rahayu, G., Suhaili, N., & Netrawati, N. (2022). Kebermaknaan Konseling Kelompok dalam Menanggulangi Masalah Kehidupan. Indonesian Journal of Counseling and Development, 4(2), 59–69. https://doi.org/10.32939/ijcd.v4i2.1526

Yohana, S. (2016). Deskripsi Perilaku Pacaran Sehat diKalangan Siswa-Siswi dan Implikasinya Terhadap Usulan Topik-Topik Layanan Bimbingan Pribadi Sosial Kelas XI SMA Negeri Baturetno Tahun Ajaran 2014-2015.

Zulkifli, A., Fauzi, A., & Mulkiyan, M. (2022). Therapy Dengan Teknik Cognitive Restructuring. 8(2).Belajar Melalui Direct Interactive Workshop. 2(2), 489–496.

Unduhan

Diterbitkan

2025-08-22

Cara Mengutip

Asiah, A., & Gultom, T. (2025). Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Cognitive Behavioral Therapy Kepada Gen Z Terhadap Perilaku Berpacaran. Jurnal Tematik, 14(1), 17–24. https://doi.org/10.24114/jt.v14i1.67778

Terbitan

Bagian

Articles