Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Pada Materi Bangun Datar Di SD Muhammadiyah 1 Babat

Penulis

  • Zahro Mamluatul Muwafidah Universitas Muhammadiyah Lamongan
  • Humairah Humairah Universitas Muhammadiyah Lamongan
  • Arfian Mudayan Universitas Muhammadiyah Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.24114/jt.v14i1.68121

Kata Kunci:

Problem Based Learning, Berpikir Kritis, bangun datar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem based learning (PBL) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi bangun datar di kelas V SD Muhammadiyah 1 Babat. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain pretest-posttest control group design. Sampel terdiri dari 44 siswa yang terbagi dalam dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang mendapat perlakuan PBL dan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian berupa tes uraian yang mengacu pada indikator berpikir kritis yaitu interpretasi, analisis, evaluasi, dan inferensi. Hasil analisis data menggunakan uji-t menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol. Temuan ini membuktikan bahwa model pembelajaran PBL berpengaruh positif terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa. Dengan demikian, PBL dapat dijadikan alternatif strategi pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran matematika, khususnya materi bangun datar.

Referensi

Arifah, N., Kadir, F., & Nuroso, H. (2021). Hubungan Antara Model Pembelajaran Problem based learning Dengan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Fisika Siswa. Karst: JURNAL PENDIDIKAN FISIKA DAN TERAPANNYA, 4(1), 14–20. https://doi.org/10.46918/karst.v4i1.946

Ardianti, R., Sujarwanto, E., & Surahman, E. (2021). Diffraction: Journal for Physics Education and Applied Physics Problem-based Learning: Apa dan Bagaimana. Diffraction: Journal for Physics Education and Applied Physics, 3(1), 27–35. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/Diffraction

Arikunto, Suharsimi. (2020). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik: Jakarta: Rineka Cipta.

Ennis, R. H. (2019). The Nature of Critical Thinking: An Outline of Critical Thinking Dispositions and Abilities. University of Illinois. Retrieved from http://faculty.education.illinois.edu/ rhennis/documents/TheNatureofCriticalThinking_51711_000

Facione, P. A. (2016). Critical thinking: What it is and why it counts (2016 update). Insight Assessment.

Fajari, U. N. (2020). Analisis Miskonsepsi Siswa pada Materi Bangun Datar dan Bangun Ruang. Jurnal Kiprah, 8(2), 113–122. https://doi.org/10.31629/kiprah.v8i2.2071

Gesy, S. S., Basuki, A., Churiyah, M., & Agustina, Y. (2023). Meningkatkan Berpikir Kritis Melalui Media Pembelajaran Google Site Model Case Based Learning. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 8(1), 38–53. https://doi.org/10.17509/jpm.v8i1.49216

Janna, N. M., & Herianto. (2021). Artikel Statistik yang Benar. Jurnal Darul Dakwah Wal-Irsyad (DDI), 18210047, 1–12.

Masrinah, E. N., Aripin, I., & Gaffar, A. A. (2019). Problem based learning (PBL) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA 2019: Literasi Pendidikan Karakter Berwawasan Kearifan Lokal pada Era Revolusi Industri 4.0, 924–931.

Nurfahrani, N., Hayati, L., Lu’luilmaknun, U., & Kurniati, N. (2023). Pengaruh Model PBL terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMPN 23 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 2403–2407. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i4.1831

Nurhidayati, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem based learning (Pbl) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Viii Tahun Pelajaran 2022/2023. At-Tawassuth: Jurnal Ekonomi Islam, Viii(I), 1–19.

Rahmatia, F., & Fitria, Y. (2020). Pengaruh model pembelajaran Problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2685–2692. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1234

Sartika, S. B. (2022). Buku Ajar Belajar Dan Pembelajaran. In Buku Ajar Belajar Dan Pembelajaran. https://doi.org/10.21070/2022/978-623-464-043-4

Sugiyono. 2023. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sumarmo, dkk. (2020). Kemampuan dan disposisi berpikir logis, kritis, dan kreatif matematis: Eksperimen terhadap siswa SMA menggunakan pembelajaran berbasis masalah dan strategi Think Talk Write. Jurnal Pengajaran MIPA, 17(1), 17–33

Ujud, S., Nur, T. D., Yusuf, Y., Saibi, N., & Ramli, M. R. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sma Negeri 10 Kota Ternate Kelas X Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Bioedukasi, 6(2), 337–347. https://doi.org/10.33387/bioedu.v6i2.7305

Widodo, Suryo and Katminingsih, Yuni (2022) Meta Analisis: Model Pembelajaran PBL Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6 (1). 945-953.

Wahidmurni. (2020). Pemaparan Metode Penelitian Kuantitatif (Dr. Wahidmurni, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang).

Widodo, Suryo and KATMININGSIH, YUNI (2022) Meta Analisis: Model Pembelajaran PBL Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6 (1). 945-953.

Unduhan

Diterbitkan

2025-08-22

Cara Mengutip

Muwafidah, Z. M., Humairah, H., & Mudayan, A. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Pada Materi Bangun Datar Di SD Muhammadiyah 1 Babat. Jurnal Tematik, 14(1), 9–16. https://doi.org/10.24114/jt.v14i1.68121

Terbitan

Bagian

Articles