Analisis Faktor Internal dan Eksternal pada Nilai Tanggung Jawab pada Peserta Didik Melalui Mata Pelajaran PPKn Kelas V di SD Negeri 2 Tambakrigadung

Penulis

  • Salsabillah Salsabillah Universitas Muhammadiyah Lamongan
  • Oriza Zativalen Universitas Muhammadiyah Lamongan
  • Linaria Arofaul Usawatun Khasanah Universitas Muhammadiyah Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.24114/jt.v14i1.68267

Kata Kunci:

tanggung jawab, pendidikan pancasila dan kewarganegaraan (ppkn)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor internal dan eksternal yang memengaruhinya. Nilai tanggung jawab peserta didik kelas V melalui pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di SD Negeri 2 Tambakrigadung Lamongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan subjek lima peserta didik dan dua guru kelas. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai tanggung jawab peserta didik tergolong cukup baik, tercermin dari perilaku menyelesaikan tugas tepat waktu, bekerja sama dalam kelompok, serta menerima konsekuensi dari tindakan. Faktor internal yang dominan meliputi motivasi belajar, kedisiplinan, dan sikap rajin. Sementara itu, faktor eksternal berupa keteladanan guru dan pemberian hukuman yang bersifat mendidik turut membentuk kebiasaan positif. Pembelajaran PPKn terbukti efektif dalam menanamkan nilai karakter, khususnya tanggung jawab. Temuan ini dapat dijadikan rujukan bagi pendidik dalam mengoptimalkan pembelajaran PPKn sebagai sarana penguatan karakter peserta didik.

Referensi

Gaol, lumban. D., Yohana, R., Hutasoit, A., Yamolala Ndruru, B., & Yunita, S. (2023). Faktor-Faktor Rendahnya Tanggung Jawab Siswa Terhadap Aktivitas Pelaksanaan Pembelajaran di Sekolah. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 9393–9399. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/6007

Lina. (2023). Pengaruh Game Edukasi Berbasis Kearifan Lokal Berorientasi Terhadap Keterampilan Menulis Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 1799–1806. https://doi.org/10.31949/jee.v6i4.7536

Maisaputri, D., Damiri, D., & Bulantika, S. (2022). Efektivitas teknik self management untuk meningkatkan tanggung jawab belajar pada peserta didik kelas XI SMA negeri 2 Kalianda. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan Konseling, 04(01), 1–8. https://www.stkippgribl.ac.id/eskripsi/index.php/jmbk/article/view/323

Oktaviani, A. (2019). Peningkatan Sikap Tanggung Jawab Siswa melalui Model Numbered Heads Together (NHT). Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(6), 588–599.

Pratiwi, A. P., & Bernard, M. (2021). Analisis Minat Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar pada Materi Satuan Panjang dalam Pembelajaran Menggunakan Media Scratch. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4), 891–898. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.891-898

Rachman, A., Sunarno, Saputra, N., Judijanto, L., Nurhidin, E., & Zamroni, M. A. (2024). Enhancing Teacher Performance Through Millennial Teacher Characteristics, Work Culture, and Person-Job Fit Mediated by Employee Engagement. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 270–289. https://doi.org/10.31538/nzh.v7i2.4636

Sakinah, A. (2023). Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Journal of Education and Teaching Learning, 1(1), 1–5. https://doi.org/10.59211/mjpjetl.v1i1.9

Sari, S. P., & Bermuli, J. E. (2021). Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Siswa pada Pembelajaran Daring Melalui Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(1), 110. https://doi.org/10.33394/jk.v7i1.3150

Supriadi, Musifuddin, & badarudin. (2023). Menilik Faktor Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa Sekolah Dasar (Studi Kasus SD Negeri Bagek Dewa Kecamatan Praya Barat Daya Kabupaten Lombok Tengah). Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 302–316. https://doi.org/10.37216/badaa.v5i2.1175

Susandi, A., Mz, A. S. A., Khasanah, L. A. I. U., & Pangestika, R. R. (2023). Perspektif Budaya Kesantunan Berbahasa Siswa Melalui Cerita Rakyat di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(3), 739-746.

Wibowo, N. Z., Lyesmaya, D., & Nurasiah, I. (2022). Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) untuk Meningkatkan Sikap Tanggung Jawab Siswa. Jurnal Basicedu, 6(3), 3792–3800. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2732

Zativalen, O., Susandi, A., & Putri, V. Y. (2024). Pelatihan Literasi Budaya Terintegrasi Kepribadian Humanisme di SDN Made IV Lamongan. Dedikasi Cendekia: Warta Pengabdian Pendidikan, 1(1), 24-29.

Zativalen, O., Tumardi, T., & Suhartono, S. (2022). Peningkatan sikap kerjasama melalui belajar kelompok dalam pembelajaran materi pecahan kelas V SD Muhammadiyah 1 Babat. Jurnal Ilmiah Widya Pustaka Pendidikan, 10(1), 51-59.

Unduhan

Diterbitkan

2025-08-31

Cara Mengutip

Salsabillah, S., Zativalen, O., & Usawatun Khasanah, L. A. (2025). Analisis Faktor Internal dan Eksternal pada Nilai Tanggung Jawab pada Peserta Didik Melalui Mata Pelajaran PPKn Kelas V di SD Negeri 2 Tambakrigadung. Jurnal Tematik, 14(1), 72–76. https://doi.org/10.24114/jt.v14i1.68267

Terbitan

Bagian

Articles