Pengembangan Instrumen Tes Untuk Mengukur Kemampuan Konsep Dasar Mata Kuliah Statistik
DOI:
https://doi.org/10.24114/jt.v14i1.68354Kata Kunci:
instrumen, kemampuan, mahasiswaAbstrak
Penelitian ini memiliki tujuan mengembangkan instrumen tes yang valid dan reliabel sesuai dengan capaian pembelajaran pada mata kuliah statistik. Instrumen tes ini berfungsi sebagai alat evaluasi pembelajaran untuk mengukur kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan soal statistik, baik dalam penilaian formatif maupun sumatif. Penelitian ini merupakan model penelitian pengembangan dengan menggunakan sembilan tahap yaitu: 1) menyusun spesifik tes, 2) menulis soal tes, 3) menelaah soal tes, 4) melakukan uji coba tes 5) menganalisis butir soal tes, 6) memperbaiki tes, 7) merakit tes, 8) melaksanakan tes, 9) menafsirkan hasil tes. Penelitian ini dilaksanakan pada mahasiswa program studi Pendidikan Anak Usia Dini pada Universitas W Jawa Tengah dengan jumlah sampel sebanyak 31 orang. penelitian ini menggunakan evaluasi, pengamatan, wawancara, pemberian tes untuk mengetahui kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan soal statistik yang berhubungan dengan mencari interval kelas pada data kelompok. Berdasarkan hasil analisis menggunakan aplikasi Jamovi, bahwa instrumen tes yang dikembangkan untuk mengukur kemampuan mahasiswa pada mata kuliah Statistik telah memenuhi kriteria, kualitas instrumen yaitu valid dan reliabel dan sudah memiliki nilai lebih dari (>) 0,3. Berdasarkan hasil pengetahuan jawaban mahasiswa yang dihitung dengan menggunakan rumus persentase hasil belajar memiliki nilai dengan rata-rata sebesar 72,6% berada pada kategori tinggi.Referensi
Aminullah, A. (2020). Analisis Kesulitan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Matriks. Ganec Swara, 14(2), 793. https://doi.org/10.35327/gara.v14i2.167
Andrianingsih, V., Sahrul, S., Asmoro, E. I., & Samsudin, S. (2024). Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Statistik pada Prodi Teknik Informasi di Universitas X Nusa Tenggara Barat. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(4), 6. https://doi.org/10.47134/ppm.v1i4.852
Arif Budy Pratama. (2022). Analisis Data Kuantitatif Dalam Penelitian Sosial Menggunakan Jamovi Konsep dan Aplikasinya. Gaya Media. Yogyakarta.
Dirgantoro, K. P. S., Saragih, M. J., & Listiani, T. (2019). Analisis Kesalahan Mahasiswa Pgsd Dalam Menyelesaikan Soal Statistika Penelitian Pendidikan Ditinjau Dari Prosedur Newman [an Analysis of Primary Teacher Education Students Solving Problems in Statistics for Educational Research Using the Newman Procedure. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 2(2), 83. https://doi.org/10.19166/johme.v2i2.1203
Djemari Mardapi.(2008). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Non Tes. Mitra Cendekia. Jogjakarta.
Eko Putro Widoyoko. (2020). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Pustaka Belajar. Yogjakarta
George, D., & Mallery, P. (2019). IBM SPSS Statistics 26 Step by Step: A Simple Guide and Reference (16th ed.). New York: Routledge. DOI: https://doi.org/10.4324/9780429056765
Jeranah, J., Sahrul, S., Rudiansyah, R., Purnamasari, D., Irnawati, I., & Komarudin, U. (2025). Penerapan Teori Dan Praktik Penelitian Kualitatif, Eksperimen, Kuantitatif, Research And Development (R&D) Dan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). YPAD Penerbit, 1–16.
Maysani, R., & Pujiastuti, H. (2020). Kata Kunci : Kesalahan Mahasiswa; Statistika Deskriptif. Analisis Kesulitan Mahasiswa Dalam Mata Kuliah Statistika Deskriptif, 4(1), 32–49.
Noviantari, I., & Mansur, M. (2023). Pengembangan Instrumen Tes Tingkat Literasi Statistik Mahasiswa. Jurnal Edumatic : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1–6. https://doi.org/10.21137/edumatic.v4i2.805
Sahrul, S., Khumaedi, M., & Masrukan, M. (2022). Development of Instruments to Measure Self-Confidence and Creative Thinking in Mathematics Learning for Vocational High School Students. Journal of Research and Educational Research Evaluation , 11(1), 81–92. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jere
Sahrul, S., Supriyadi, S., & Syamsuddin, S. (2018). Evaluasi Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika Pada SMPN 1 Sape Kabupaten Bima. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 5, 961–963.
Santoso, A., Kartianom, K., & Kassymova, G. K. (2019). Kualitas butir bank soal statistika (Studi kasus: Instrumen ujian akhir mata kuliah statistika Universitas Terbuka). Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(2), 165–176. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i2.28900
Yohanes Briyan Vincesius Mendrofa, & Angela Br Surbakti. (2023). Analisis Hambatan Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Statistik.: Jurnal Sains Dan Teknologi, 2(6), 1131–1136. https://doi.org/10.55123/insologi.v2i6.2851
Yuniarti, R. (2022). Kesalahan Mahasiswa Program Studi Administrasi Publik Dalam Menyelesaikan Soal Statistika Deskriptif Dan Statistika Inferensial. Jurnal Sains Matematika Dan Statistika, 8(1), 46. https://doi.org/10.24014/jsms.v8i1.13312
Zulpan, Sahrul, Ali Yusron, Rahmi Seri Hanida, & Sri Marfu’ah. (2024). Valitidas Tes Objektif Bentuk Pilihan Ganda. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 10. https://doi.org/10.47134/ppm.v1i3.812