Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Botomuzoi

Penulis

  • Hasatulo Lase Universitas Nias
  • Bezisokhi Laoli Universitas Nias
  • Yearning Harefa Universitas Nias
  • Asali Lase Universitas Nias

DOI:

https://doi.org/10.24114/jt.v14i1.68616

Kata Kunci:

contextual teaching and learning, minat belajar, ips, smp

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas VII di SMP Negeri 2 Botomuzoi Tahun Pelajaran 2024/2025. Permasalahan yang diangkat adalah rendahnya minat belajar siswa akibat penggunaan metode pembelajaran konvensional yang monoton, serta belum optimalnya penerapan model CTL oleh guru. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data mencakup lembar observasi guru dan siswa, angket minat belajar, serta tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model CTL dapat meningkatkan minat belajar siswa. Pada siklus I, rata-rata persentase observasi guru sebesar 61,66%, observasi siswa 58,92%, angket minat belajar 61,09%, dan hasil belajar siswa dengan ketuntasan 46,88%. Setelah perbaikan pada siklus II, terjadi peningkatan signifikan dengan rata-rata observasi guru mencapai 93,33%, observasi siswa 89,44%, angket minat belajar 93,79%, dan hasil belajar dengan ketuntasan mencapai 100%. Temuan ini menunjukkan bahwa model pembelajaran CTL efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa serta berdampak positif terhadap hasil belajar. Dengan demikian, model CTL layak diterapkan sebagai alternatif dalam pembelajaran IPS untuk menciptakan proses belajar yang lebih bermakna dan kontekstual.

Referensi

Abdul Rahim, Muhammad Yusnan, dkk., “Sistem Pengembangan Minat Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran Di Sekolah Dasar”, Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), (2021) : 49.

Ahdar Djamaluddin, S.Ag., S.Sos. M.Pd.i & Dr. Wardana, M.Pd.i, 2019, Belajar dan Pembelajaran, Yogyakarta: CV. Kaaffah Learning Center.

Alwan Fauzan Aziz, Fhadira Insani Putri, dkk., “Perbandingan Minat Belajar IPA Fisika Siswa Pada Dua Kelas Di Pondok Pesantren”, Jurnal Kependidikan, 15(1), (2021) : 29.

Andi Anchru P, “Pengembangan Minat Belajar Dalam Pembelajaran”, Jurnal Idaarah, 3(2), (2019) : 207.

Andi Sulistio & Nik Haryati, 2022, Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning Model), Purbalingga: Eureka Media Aksara.

Anisyah Rahamadani, Roka Rizky Wandini, dkk., “Upaya Meningkatkan Berpikir Kritis dan Mengefektifkan Pendekatan Kontekstual Dalam Pembelajaran Matematika, Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial, dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), (2022) : 431.

Anju Nofarof Hasudungan, “Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) Pada masa Pandemi Covid-19:Sebuah Tinjauan”, Jurnal Dinamika, 3(2), (2022) : 116.

Aqib Zainal, 2010, Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru SD, SLB, dan TK, Bandung: Yrama Widya.

Arikunto, S ddk,. (2012) .Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Arikunto , 2006, Penelitian Tindakan Kelas, Rineka Cipta, Jakarta.

Biasri Suarim & Neviyarni, “Hakikat Belajar Konsep Pada Peserta Didik”, Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), (2021) : 78.

Damayanti Nababan & Christofel A. Sipayung, “Pemahaman Model Pembelajaran Kontekstual Dalam Model Pembelajaran (CTL)”, Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 2(1), (2023) : 5.

Faddia Risalah Acmad & Puri Pramudian, “Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Kelas IV Selama Pembelajaran Daring Di Madrasah Ibtidaiyah”, Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), (2022).

Iman Saro Ndraha, Ratna Natalia, dkk., “Analisis Hubungan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika”, Jurnal Pendidikan, 1(2), 2022 : 673.

Jamal Mirdad, “Model-Model Pembelajaran (Empat Rumpun Model Pembelajaran)”, Jurnal Pendidikan Dan Sosial Isalam, 2(1), (2020) : 15.

Juhairiah. (2023). Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Menetapkan Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran ( KKTP ) Melalui Workshop Intern Sekolah Di SDN Karang Bayat 01 Sumber Baru. 2(3), 190–200

Junaedi Sastradiharja, Siskandar, dkk., “Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) Pada Mata Pelajaran PAI dan Iplementasinya di SMP Islam Asysyakirin Pinang Kota Tangerang”, Jurnal Statement, 10(1), (2020) : 62.

Masida, (2023), Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah (MTs) Badul Khairat Salugatta, 8.

Maulidah, Y. N, Suharmono K., Muhammad T.H, S. G. (2017). Hubungan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV di Masa Pandemi. Al-Irsyad, 105(2), 79.

Muhartini, Amril Mansur, dkk., “Pembelajaran Kontekstual Dan Pembelajaran Problem Based Learning”, Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1 (1), (2023) : 69.

Nanda & Jumira, et al. 2020. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru Insipiratif. Indramayu: Penerbit Adab CV. Adanu Abimata.

Nisa Nabilatus Solehah & Heri Hadi Saputra, dkk., “Analisis Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN 20 Ampenan Pada Masa Pandemi Covid-19 Tahun Pelajaran 2021/2022”, Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), (2022) : 52.

Nurlina Arian Hrp, Zulaini Masruro, dkk,. 2022, Buku Ajar BELAJAR DAN PEMBELAJARAN, Bandung: Widina Bhakti Persada.

Rian Saputra, (2023), Strategi Contextual Teaching And Learning (CTL) Dalam Menanamkan Karakter Religius Siswa Di SMP Insan Mandiri Bandar Lampaung, 16.

Riduwan. 2008. Belajar Mudah Penelitian. Alfabeta: Bandung.

Shilphy A. Octavia, 2020, Model-Model Pembelajaran, Yogyakarta; Cv Budi Utama.

Sobry Suktino, 2019, Metode & Model-Model Pembelajaran, Mataram: Holistica Lombok.

Sri Handayani, dkk, 2020, Model-Model Pembelajaran Inovatif di Era Revolusi Industri 4,0, Malang: Literindo Berkah Jaya.

Sugiyono.(2016). Metode penelitian Kuantitatif. Kualitatif dan R&D, Bandung:PT Alfabet.

Sudarto, Rosmalah, Muhammad Rizky, dkk., “Hubungan Antara Kemampuan Berkomunikasi Guru dan Minat Belajar Siswa”, Jurnal Ilmu Sosial, 1(7), (2022) : 450.

Sukardi . 2015.Metodologi Penelitian Pendidikan . Jakarta : PT Bumi Aksara.

Sukendra & Atmaja. 2020. Instrumen Penelitian. Pontianak: Maheru Press.

Tamaulina, 2024, BUKU AJAR METODOLOGI PENELITIAN( TEORI DAN PRAKTIK ). Karawang: CV Saba Jaya Publisher.

Usman, et al. 2019. Pengantar Praktis Penelitian Tindakan Kelas. Aceh: AcehPo Publishing.

Yesi Desria, (2024), Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dengan Pembelajaran Kontekstual Berbasis Media Aplikasi Canva Dalam Pembelajaran Pendidikann Pancasila di Kelas IV SDN 55/I Sridani. https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf. diakses tanggal 25 November 2024, 11

Zaenal Abidin, Enung Nugraha, dkk., “Contextual Teaching And Learning (CTL) Learning Model in Improving the Quality of Understanding Fiqh Materials”, Formosa Journal of Social, 1(2), (2022) : 138-139.

Unduhan

Diterbitkan

2025-08-31

Cara Mengutip

Lase, H., Laoli, B., Harefa, Y., & Lase, A. (2025). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Botomuzoi. Jurnal Tematik, 14(1), 63–71. https://doi.org/10.24114/jt.v14i1.68616

Terbitan

Bagian

Articles