ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT FERTILITAS DI DESA LAU DENDANG KECAMATAN PERCUT SEI TUAN KABUPATEN DELI SERDANG

Ainka Irfany

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh berbagai faktor baik pendapatan, usia wal menikah, yang mempengaruhi terhadap tingkat fertilitas di Desa Lau Dendang. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode korelasional. Penelitian ini dilakukan di Desa Lau Dendang dengan jumlah populasi sebesar 17.333 jiwa. Sampel yang digunakan sebanyak 50 dan sampel ditentukan berdasarkan teknik purpossive sampling dengan karakteristik sampel yakni wanita pasangan usia subur (PUS) yang sudah memiliki anak. pengaruh dari berbagai faktor terhadap fertilitas dihitung dengan menggunakan rumus product moment pearson ( Arikunto, 2010).

            Hasil penelitian menunjukkan baha (1) semakin besar penghasilan keluarga akan berpengaruh terhadap besarnya keluarga dan pola konsumsi (2) pendidikan wanita berperan dalam perubahan status, sikap dan pandangan hidup mereka di dalam masyarakat (3) saat seseorang menikah pada usia yang relatif lebih muda, maka masa subur atau reproduksi akan lebih panjang dalam ikatan perkawinan sehingga mempengaruhi peningkatan fertilitas (4) pengaruh status pekerjaan istri terhadap fertilitas yang dimana pada umumnya sangat peka dengankeadaan dan permasalahan yang terjadi dalam keluarga (5) istri yang masih berumur muda akan terus memiliki anak karena mengganggap usianya masih aman untuk melahirkan (6) KB menjadi salahsatu hal yang mempengaruhi fertilitas sebab dengan memakai KB maka akan terjadi kehamilan yang terencana.

 

Kata kunci: Fertilitas, Pertumbuhan,Lau Dendang


Full Text:

PDF

References


Agustia, Theresia. 2018. Pengaruh Sosial Ekonomi Istri Terhadap Tingkat Fertilitas di Kota Pekanbaru. JOM FEB, Volume 1, Edisi 1. (20 November 2018 01.28.19)

Amalia, Nor Rizki. 2018. Pengaruh Sosial Ekonomi Terhadap Tingkat Fertilitas (Desa Pembuang Hulu Kecamatan Hanau Kabupaten Seruyan Kalimantan Tengah). Bachelors Degree (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Ayu, Ida. 2015. Pengaruh Faktor Sosial, Ekonomi, dan Demografi Terhadap Penggunaan Kontrasepsi di Denpasar. Jurnal Ekonomi Kuantitatif Vol. 8 No. 2

Endru S. Adi. 2013.Faktor yang Mempengaruhi Fertilitas di Desa Kandangtepus Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajan. Skripsi. Jember: FE UNEJ.

Hatmaji, Sri. 2004. Fertilitas Dalam Dasar-dasar Demografi. Jakarta LDFFE.UI

Hidayati. 2008. Faktor Sosial Ekonomi yang Mempengaruhi Fertilitas pada Keluarga Petani di Desa Klorongan Kecamatan Geger Kabupaten Madiun.

Iswarati. 2009. Proximate Determinant Fertilitas di Indonesia (Analisis Lanjut SDKI 2007). Jakarta : BKKBN.

Mantra, Ida Bagoes. 2012. Demografi Umum. Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Mundirhano. 2007. Beberapa Teori Fertilitas. Jakarta: Artikel Kependudukan.

Saleh, M. 2003. Pengaruh Jenis Pekerjaan Dan Waktu Kerja Wanita Terhadap Struktur Sosial Ekonomi Keluarga Serta Fertilitas Di Kabupaten Jember Jawa Timur. Tidak dipublikasikan. Pasca sarjana : Airlangga (Disertasi).

Sinaga, L., Hardiani, Prihanto, Purwaka H. 2017. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Fertilitas di Perdesaan (Studi pada Desa Pelayangan Kecamatan Muara Tembesi Kabupaten Batanghari). Jurnal Paradigma Ekonomikal, 12 (1), 41 – 48. (‎20 ‎November ‎2018, ‏‎03.21.38)

Singarimbun, Masri dan Sofian Effendi. 2008. Metode Penelitian Survai. Jakarta: Pustaka LP3ES Indonesia.

Sukarno, 2010. Pengaruh Faktor Sosial Ekonomi Terhadap Fertilitas dan Umur Kawin Pertama. Jurnal Pusat Penelitian dan Pengembangan KB dan KS. BKKBN

Utina, Ramli. dkk. 2014. Kajian Faktor Sosial Ekonomi yang Berdampak pada Usia Perkawinan Pertama di Provinsi Gorontalo. (Jurnal).




DOI: https://doi.org/10.24114/tgeo.v7i2.11675

Article Metrics

Abstract view : 64 times
PDF - 118 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.