ANALISIS TINGKAT KESEJAHTERAAN KELUARGA NELAYAN PERAHU MESIN TEMPEL DI KELURAHAN BELAWAN BAHAGIA KECAMATAN BELAWAN KOTA MEDAN

Nuraini Hutabarat, Walbiden Lumbantoruan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pendapatan keluarga nelayan perahu mesin tempel di kelurahan Belawan Bahagia Kecamatan Belawan Kota Medan, (2) Tingkat kesejahteraan keluarga nelayan perahu mesin tempel di Kelurahan Belawan Bahagia Kecamatan Belawan Kota Medan. Penelitian ini dilakukan di Kelurahan Belawan Bahagia Kecamatan Belawan Kota Medan tahun 2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Nelayan Perahu Mesin Tempel di Kelurahan Belawan Bahagia yang berjumlah 33 kepala keluarga. Sampel dalam penelitian ini menggunakan Total Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik komunikasi langsung dan teknik studi dokumenter. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat pendapatan keluarga nelayan perahu mesin tempel di Kelurahan Belawan Bahagia 16 (48,49%) keluarga tergolong dalam kategori sedang, 9 (27,27%) keluarga tergolong dalam kategori tinggi, dan 8 (24,24%) keluarga yang tergolong dalam kategori rendah. Bila dikaitkan dengan UMR kota Medan 2018 (Rp.2.132.188) maka pendapatan keluaraga nelayan perahu mesin tempel seluruhnya berada di atas UMR kota Medan. (2) Tingkat kesejahteraan keluarga nelayan perahu mesin tempel di kelurahan Belawan Bahagia 8 (24,24%) keluarga tergolong Keluarga Pra Sejahtera, 19 (57,58%) keluarga tergolong Keluarga Sejahtera I, 3 (9,09%) keluarga tergolong Keluarga Sejahtera II, 2 (6,06%) keluarga tergolong Keluarga Sejahtera III, dan 1 (3,03%) keluarga tergolong Keluarga Sejahtera III+. Hal ini menunjukkan bahwa tingkat pendapatan mempengaruhi tingkat kesejahteraan keluarga, yang mana semakin tinggi pendapatan keluarga, semakin tinggi pula tingkat kesejahateran keluarga tersebut.

 

Kata kunci: Nelayan, Kesejahteraan, Pendapatan


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/tgeo.v7i2.12229

Article Metrics

Abstract view : 289 times
PDF - 273 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright ©2020 Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan dan Ikatan Geograf Indonesia (IGI)

Creative Commons License


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.