ANALISIS FAKTOR PENYEBAB MASYARAKAT DESA GURU KINAYAN TETAP BERTAHAN DI ZONA MERAH GUNUNG SINABUNG
Abstract
Desa Guru Kinayan merupakan salah salah satu di antara belasan desa yang berada di dalam radius zona merah gunung sinabung, desa ini juga terkena dampak dari erupsi gunung sinabung cukup parah, gunung Sinabung yang erupsi terhitung sejak Agustus 2010 sampai dengan Februari 2018 mengakibatkan setengah dari desa ini sudah tidak dapat di huni kembali karna rumah-rumah masyarakat telah rusak bahkan sebagian telah hancur di akibatkan terkena dampak dari erupsi gunung Sinabung. Walaupun desa Guru Kinayan telah di tetapkan masuk dalam zona merah gunung Sinabung dan sebagian dari desa ini sudah tidak dapat di huni kembali, namun masih banyak masyarakat yang tetap bersikukuh tinggal di lokasi tersebut.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa penyebab masyakarat desa Guru Kinayan tetap bertahan di zona merah Gunung Sinabung, dan bagaimana kebijakan relokasi yang di lakukan pemerinta daerah Karo. Mengingat kompleksnya faktor yang menyebabkan masyarakat tetap bertahan di zona merah tersebut, membuat pendekatan kualitatif di pilih dalam penelitian ini dengan metode wawancara, seluruh masyarakat desa Guru Kinayan merupakan populasi dalam penelitian ini dengan pengambilan sampel berdasarkan masyarakat yang berada di lokasi tersebut. Penelitian ini akan menghasilkan informasi penyebab masyarakat desa Guru Kinayan tetap bertahan di zona merah gunung Sinabung yaitu meliputi : faktor ekonomi dan fakor Pendidikan anak, serta program kebijakan relokasi pemerindah daerah yang kurang efektif.
Kata Kunci : Desa Guru Kinayan, Gunung Sinabung, Zona Merah
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/tgeo.v7i2.12231
Article Metrics
Abstract view : 365 timesPDF - 415 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright ©2020 Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan dan Ikatan Geograf Indonesia (IGI)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.