ANALISIS PENANGANAN PERMUKIMAN KUMUH DI KECAMATAN MEDAN DENAI

Muhammad Rizky Akbar, Nina Novira

Abstract


Abstract

Slum has still been a problem in the City of Medan. However, the effort in dealing with it is suspected to be inadequate. Thus, study aims to find out the rate of slum in Denai District and slum handling pattern in Denai District. This research was conducted at the Denai District. The study was conducted in all villages identified slums in Denai District that is Tegal Sari Mandala II Village and Tegal Sari Mandala III Village. Data collection techniques in this study were observation and interview. The data analysis technique used is qualitative descriptive. The results showed that the rate of slum in Denai District in Tegal Sari Mandala II Village is mild slum and Tegal Sari Mandala III Village is mild slum. While slum handling pattern done in Denai District is restoration. Handling made in Tegal Sri Mandala II Village is improvement of drainage and culverts structures, concretes plates and waste facilities like waste cart. While handling made in Tegal Sri Mandala III Village is improvement of drainage structures, waste water management system and waste facilities. Generally, the handling effort has not succeeded in improving the slum status of the neighborhood.

Keywords: Rate of Slum, Handling Pattern, Slum

 

Abstrak

Pemukiman kumuh masih menjadi masalah di Kota Medan. Namun, upaya penanganannya disinyalir masih kurang memadai. Karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat Kekumuhan di Kecamatan Medan Denai dan pola penanganan permukiman kumuh di Kecamatan Medan Denai. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Medan Denai. Lokasi penelitian ini adalah seluruh kelurahan yang teridentifikasi kumuh di Kecamatan Medan Denai yaitu 2 kelurahan yang terdiri dari Kelurahan Tegal Sari Mandala II dan Tegal Sari Mandala III. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kekumuhan yang terdapat di Kecamatan Medan Denai adalah Kelurahan Tegal Sari Mandala II masuk dalam kategori kumuh ringan, Kelurahan Tegal Sari Mandala III masuk dalam kategori kumuh ringan. Sedangkan pola penanganan yang dilakukan di Kecamatan Medan Denai adalah pemugaran. Penanganan yang telah dilakukan di Kelurahan Tegal Sari Mandala II adalah perbaikan struktur drainase dan gorong-gorong, plat beton dan sarana persampahan bak sampah. Sedangkan penanganan yang telah dilakukan di Kelurahan Tegal Sari Mandala III adalah perbaikan struktur drainase, sistem pengelolaan air limbah dan sarana persampahan. Secara umum upaya yang telah dilakukan masih belum mampu meningkatkan status pemukiman tersebut menjadi tidak kumuh.

Kata Kunci: Tingkat Kekumuhan, Pola Penanganan, Permukiman Kumuh


Full Text:

PDF

References


Amiany. 2017. Penanganan Fisik Permukiman Kawasan Kumuh di Kota Kapuas. Jurnal Teknika Vol. 1 70-77.

Bappenas, Pedoman Pengelolaan Program Hibah Air Limbah Setempat. Jakarta : Kementerian Keuangan

Direktorat Jenderal Cipta Karya, Pedoman Teknis Pelaksanaan Sanimas IDB 2018. Jakarta : Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Direktorat Jenderal Cipta Karya, Pedoman Umum Program Kota Tanpa Kumuh. Jakarta : Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Hariyanto, Asep. 2017. Strategi Penanganan Kawasan Kumuh. Jurnal PWK Unisba 11-37.

Jamaluddin, Adon Nasrullah. 2015. Sosiologi Perkotaan Memahami Masyarakat Kota dan Problematikanya. Bandung : Pustaka Setia.

Lubis, Dina Syavira. 2016. Strategi Pembangunan Perumahan dan Permukiman Untuk Mengatasi Masalah Permukiman Kumuh di Kota Medan. Jurnal Administrasi Negara Universitas Sumatera Utara 17-30.

Permen PUPR RI No. 14 Tahun 2018 Tentang Pencegahan dan Peningkatan Kualitas Perumahan dan Permukiman Kumuh.

Sembiring, Maria Angela. 2017. Karakteristik Permukiman Kumuh di Kecamatan Medan Denai. Skripsi. Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan.

Surat Keputusan Walikota Medan No.640/580.K/XI/2018 Tentang Penetapan Lokasi Lingkungan Perumahan dan Permukiman Kumuh di Kota Medan.

UU Nomor 1 Tahun 2011 Tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman.




DOI: https://doi.org/10.24114/tgeo.v8i1.15453

Article Metrics

Abstract view : 1579 times
PDF - 2715 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright ©2020 Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan dan Ikatan Geograf Indonesia (IGI)

Creative Commons License


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.