ENVIRONMENTALLY CONSCIOUS ATTITUDE OF HIGH SCHOOL STUDENTS YAYASAN PENDIDIKAN TELADAN PEMATANGSIANTAR EVEN SEMESTER ACADEMIC YEAR 2021/2022

Fellix Rimba

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap sadar lingkungan siswa SMA Swasta Yayasan Pendidikan Teladan Pematangsiantar Semester Genap T.A 2021/2022.  Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Yayasan Pendidikan Teladan Pematangsiantar 2020. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Swasta Yayasan Pendidikan Teladan Pematangsiantar yang berjumlah 750 orang. Sampel ditentukan 25% sehingga jumlahnya 187 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan acak random proporsional. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik angket dan observasi dengan menggunakan teknis analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sikap sadar lingkungan siswa SMA Swasta Yayasan Pendidikan Teladan Pematangsiantar Semester Genap T.A 2021/2022 tergolong dalam kategori sedang (rata rata skor 2.96) sikap ini mencakup sikap hormat terhadap lingkungan tergolong kategori sedang (2.63), prinsip tanggung jawab termasuk kategori tinggi (3.16), prinsip solidaritas kosmis termasuk tinggi (3.13), prinsip kasih sayang dan kepedulian terhadap lingkungan tergolong dalam kategori tinggi (3.08), prinsip tidak merusak tergolong kategori tinggi (3.07), prinsip hidup sederhana dan selaras dengan alam termasuk kategori sedang (2.57), prinsip keadilan termasuk tinggi (3.51), prinsip demokrasi tergolong dalam kategori sedang (2.74), dan prinsip integritas moral tergolong kategori sedang (2.61).

Kata kunci: Sikap Siswa, Sadar Lingkungan, Lingkungan Sekolah.

 

Abstract

This study aims to determine the environmentally conscious attitude of private high school students Pematangsiantar Exemplary Education Even Semester T.A 2021/2022. The research was conducted at Pematangsiantar Exemplary Private High School Foundation 2020. The population in this study were 750 Pematangsiantar Exemplary Private High School students. The sample is determined 25% so that there are 187 people. Sampling is done by proportional random random. Data collection techniques in this study were questionnaire and observation techniques using descriptive qualitative data analysis techniques. The results of this study indicate that the environmentally conscious attitude of high school students in Pematangsiantar Exemplary Education Foundation Even Semester 2021/2022 is in the moderate category (average score of 2.96). high (3.16), the principle of cosmic solidarity is high (3.13), the principle of compassion and care for the environment is in the high category (3.08), the principle of non-destructive is in the high category (3.07), the principle of simple living and in harmony with nature is in the medium category ( 2.57), the principle of justice is high (3.51), the principle of democracy is in the moderate category (2.74), and the principle of moral integrity is in the moderate category (2.61).

Key words: Student Attitude; Environmentally Conscious; School Environment.


Full Text:

PDF

References


Abu, Ahmadi. (2009). Psikologi Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Ahmadi, Rizal. (2018). Hubungan Pengetahuan Lingkungan Hidup Dengan Sikap Peduli Lingkungan Hidup Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Tumijajar. Skripsi. Bandar Lampung: Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Aunurrahman. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Azmi, Fadila dan Elfayetti. (2017). Analisis Sikap Peduli Lingkungan Siswa Melalui Program Adiwiyata Di SMA Negeri 1 Medan. Jurnal Geografi, 9 (2).

Azwar, S. (2010). Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar, S. (2013). Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar, S. (2015). Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dalyono, M. (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Davis,J.L., Green, J.D. & Reed, A. (2009). Interdependence with the environment: commitment, interconnectedness and environmental behavior. Journal of Environmental Psychology. 29(2).

Fitriani, Rifa. (2017). Perilaku Peduli Lingkungan Pada Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Teknik Boga, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta.

Hasbullah. (2006). Otonomi Pendidikan: Kebijakan Otonomi Daerah dan Implikasinya terhadap Penyelenggaraan Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo. Persada.

Jumiyati, Novri. (2016). Meningkatkan Sikap Peduli Lingkungan Melalui Keteladanan Pada Siswa Kelas V A Di SD Negeri 55/1 Sridadi. Skripsi. Jambi: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi.

Keraf, Sony. (2010). Etika Lingkungan Hidup. Jakarta: PT Kompas Media Nusantara.

Maemanah. (2014). Hubungan Antara sikap terhadap layanan dasar bimbingan dan konseling dengan self disclosure pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Purwokerto. Skripsi. Purwokerto: Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Neolaka, Amos. (2008). Kesadaran Lingkungan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Nuraini, Popi. (2010). Menciptakan Lingkungan Bersih dan Sehat. Jakarta Selatan: Trias Yoga Kreasindo.

Rejaningsih, Wanti. (2004). Gambaran Pengetahuan dan Sikap Remaja Putri Kelas II terhadap Praktek Pemeliharaan Kebersihan Menstruasi. Skripsi. Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia.

Rohmawati, Riani. (2010). Peran Guru Geografi Dalam Menanamkan Kesadaran Lingkungan Pada Siswa SMP Se-Kecamatan Margasari Kabupaten Margasari. Skripsi. Semarang: Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang.

Rukmana, Ade dan Asep, Suryana. (2006). Pengelolaan kelas. Bandung. UPI PRESS.

Sabdulloh, Uyoh. (2010). Pedagogik Ilmu Mendidik. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2009). Landasan Psikologi dan Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bnadung: Alfabeta.

Suprayogo, I. (2013). Pengembangan Pendidikan Karakter. Malang: UIN-MALIKI PRESS.

Supriatna, dkk. (2007). Pendidikan IPS di SD. Bandung: UPI PRESS.

Takdir, Muh. (2014). Pendidikan yang Mencerahkan. Malang: UMM Press.

Tu’u, Tulus. (2004). Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Rineka Cipta.

Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Widyaningrum, Tantri. (2016). Tingkat Kepedulian Siswa Terhadap Lingkungan Di SMA Negeri 5 Kediri. Skripsi. Kediri: Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Nusantara Persatuan Guru Republik Indonesia.

Widyastuti, Sri. (2014). Teori dalam Kesiapan untuk Berperilaku terhadap Lingkungan. Surabaya: Cahaya Sakti.

Wahyuningsih, H dan T. A. Barus. (2006). Buku Ajar Iktiologi. Medan: Departemen Biologi FMIPA USU.




DOI: https://doi.org/10.24114/tgeo.v11i1.33725

Article Metrics

Abstract view : 177 times
PDF - 140 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright ©2020 Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan dan Ikatan Geograf Indonesia (IGI)

Creative Commons License


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

slot gacor slot