STUDI PERUBAHAN PENGGUNAAN LAHAN DI DESA SAMBIREJO TIMUR KECAMATAN PERCUT SEI TUAN KABUPATEN DELI SERDANG

Sari Yastuti, Ali Nurman

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui: (1) perubahan bentuk penggunaan lahan persawahan dilihat dari tahun 2006 sampai dengan 2011, (2) faktor-faktor (Pertambahan jumlah penduduk, Jenis pekerjaan dan pendapatan) yang mempengaruhi perubahan penggunaan lahan persawahan di Desa Sambirejo Timur Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wilayah Desa Sambirejo Timur Kecamatan Percut Sei Tuan dengan luas wilayah 429,892 Ha yang terdiri dari 11 dusun dan yang menjadi sampel yaitu dusun yang diambil paling banyak mengalami perubahan penggunaan lahan. Teknik pengumpulan data dengan observasi, studi dokumenter dan angket. sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penggunaan lahan terdiri dari lahan pertanian yakni persawahan dan permukiman. Perubahan penggunaan lahan terdiri atas luas dan bentuk, dimana perubahan luas pada tahun 2006-2011 yaitu seluas 38,844 Ha dimana lahan pertanian pada tahun 2006 seluas 244,225 Ha dan pada tahun 2011 seluas 205,381 Ha. Perubahan luas ini diikuti dengan perubahan bentuk penggunaan lahan dimana perubahan bentuk penggunaan pertanian tersebut berubah menjadi lahan permukiman dengan perincihan selama tahun 2006 – 2011 pertanian berubah  menjadi lahan permukiman seluas 21 Ha. (2) faktor yang mempengaruhi perubahan penggunaan lahan yaitu, jumlah anggota keluarga pada tahun 2006 – 2011 banyak mengalami perubahan yang dikarenakan pertambahan jumlah anggota keluarga yaitu perubahan penggunaan lahan pertanian yang dijadikan permukiman, jenis pekerjaan responden. Pekerjaan responden pada tahun 2006 – 2011 yang banyak berkurang adalah petani dan pedagang,dan yang paling banyak mengalami penambahan adalah pegawai negeri/swasta,. Sebagian besar responden memiliki pekerjaan sampingan adalah sebagai kuli bangunan, supir angkot, bengkel serta pendapatan responden belum cukup untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari.

Kata Kunci: Penggunaan Lahan, Faktor Perubahan Penggunaan Lahan


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/tgeo.v4i1.5751

Article Metrics

Abstract view : 116 times
PDF - 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.