PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE QUIZ TEAM UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BIOSFERDI KELAS XI-IPS2 SMA NEGERI 1 HINAI KABUPATEN LANGKAT T.A 2013/2014

Tutia Rahmi, Restu Restu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Aktifitas belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Quiz Team pada materi biosfer di kelas XI- IPS2 SMA Negeri 1 Hinai Kabupaten Langkat T.A 2013/2014. (2) Hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Quiz Team pada materi biosfer di kelas XI- IPS2 SMA Negeri 1 Hinai Kabupaten Langkat T.A 2013/2014Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di Kelas XI- IPS2 SMA Negeri 1 Hinai Kabupaten Langkat T.A 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI- IPS2 dengan jumlah sampel sebanyak 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah (1) teknik komunikasi tidak langsung dengan alat: tes hasil belajar dalam bentuk tes objektif dan lembar kerja siswa (LKS), dan (2) Observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan: (1)aktivitas belajar siswa sebesar 13,89% dari 56,11% di siklus I menjadi 70,00% di siklus II dan meningkat lagi sebesar 6,11% menjadi 76,11% di siklus III dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Quiz Team pada materi biosfer. (2) hasil belajar siswa sebesar 14%  dari 66% di siklus I menjadi 80% di siklus II dan meningkat lagi sebesar 7% menjadi 87% di siklus III. Dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Quiz Team pada materi biosfer berarti hasil belajar telah tuntas secara klasikal.
Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa, Biosferdi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/tgeo.v4i1.5752

Article Metrics

Abstract view : 37 times
PDF - 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.