PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE QUIZ TEAM UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BIOSFERDI KELAS XI-IPS2 SMA NEGERI 1 HINAI KABUPATEN LANGKAT T.A 2013/2014

Authors

  • Tutia Rahmi Alumnus S1 Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan
  • Restu Restu Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri MedanJl. Willem Iskandar Psr V Medan Estate Medan, 20211 Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24114/tgeo.v4i1.5752

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Aktifitas belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Quiz Team pada materi biosfer di kelas XI- IPS2 SMA Negeri 1 Hinai Kabupaten Langkat T.A 2013/2014. (2) Hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Quiz Team pada materi biosfer di kelas XI- IPS2 SMA Negeri 1 Hinai Kabupaten Langkat T.A 2013/2014Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di Kelas XI- IPS2 SMA Negeri 1 Hinai Kabupaten Langkat T.A 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI- IPS2 dengan jumlah sampel sebanyak 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah (1) teknik komunikasi tidak langsung dengan alat: tes hasil belajar dalam bentuk tes objektif dan lembar kerja siswa (LKS), dan (2) Observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan: (1)aktivitas belajar siswa sebesar 13,89% dari 56,11% di siklus I menjadi 70,00% di siklus II dan meningkat lagi sebesar 6,11% menjadi 76,11% di siklus III dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Quiz Team pada materi biosfer. (2) hasil belajar siswa sebesar 14%  dari 66% di siklus I menjadi 80% di siklus II dan meningkat lagi sebesar 7% menjadi 87% di siklus III. Dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Quiz Team pada materi biosfer berarti hasil belajar telah tuntas secara klasikal.Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa, Biosferdi

Downloads

Published

2015-06-01

How to Cite

Rahmi, T., & Restu, R. (2015). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE QUIZ TEAM UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BIOSFERDI KELAS XI-IPS2 SMA NEGERI 1 HINAI KABUPATEN LANGKAT T.A 2013/2014. Tunas Geografi, 4(1), 33–38. https://doi.org/10.24114/tgeo.v4i1.5752