PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BIOSFER DI KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 1 SUMBUL T.A 2013/2014

Elisa Rosa Simamora, Marlinang Sitompul

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) peningkatan aktivitas belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write Pada materi biosfer di Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Sumbul T.A 2013/2014, dan (2) peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write Pada materi biosfer di Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Sumbul T.A 2013/2014

Penelitian dilaksanakan di Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Sumbul T.A 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah  siswa kelas XI IPS 2 sebanyak 36 orang dan objek yaitu  upaya  meningkatkan Aktivitas dan Hasil belajar siswa dalam menyelesaikan materi biosfer melalui teknik Think Talk Write (TTW) di kelas XI IPS -2 SMA Negeri 1 Sumbul Tahun Ajaran 2013/2014. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik komunikasi tidak langsung dan Observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write: (1) Terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa  sebesar 18,54 % dari 61,79% siklus I meningkat menjadi 80,33%  di siklus II (2) Terdapat peningkatan hasil belajar siswa sebesar 31 % dari 61 % siklus I meningkat menjadi 92 % di siklus II. dengan demikian hipotesis yang diajukan dapat diterima artinya penerapan model pembelajaran Think Talk write dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa

 

Kata Kunci: Think Talk Write , Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Biosfer


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/tgeo.v4i1.5754

Article Metrics

Abstract view : 92 times
PDF - 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.