AKTIFITAS MASYARAKAT DALAM PENGENDALIAN PENCEMARAN SUNGAI MENCIRIM DI KECAMATAN BINJAI SELATAN KOTA BINJAI

Andrie Kesuma Saragih, Nahor M Simanungkalit

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Aktifitas masyarakat di sekitar Sungai Mencirim Kecamatan Binjai Selatan kota Binjai. (2) Partisipasi masyarakat dalam pengendalian pencemaran Sungai Mencirim Kecamatan Binjai Selatan kota Binjai.

Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Binjai Selatan Kota Bijai. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh masyarakat yang tinggal disekitar sungai Mencirim Kecamatan Binjai Selatan yang berjumlah 500 KK yang berjarak 100 meter dari tepi sungai. Sampel dalam penelitian ini diambil 10% dari jumlah populasi yaitu 50 KK. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampel acak sederhana. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik studi dokumenter dan teknik komunikasi langsung. Teknik analisa data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Aktifitas masyarakat di sekitar Sungai Mencirim Kecamatan Binjai Selatan kota Binjai meliputi: masyarakat yang melakukan aktifitas disekitar air sungai adalah 46 orang (92%) dari jumlah tersebut, terdapat 22 orang (47,83%) untuk mandi, cuci, kakus (MCK) dan yang tidak berjumlah 4 orang (8%). Masyarakat yang memiliki kamar mandi (WC) berjumlah 22 orang (44%) dan masyarakat yang tidak memiliki kamar mandi berjumlah 28 orang (56%). Masyarakat yang menggunakan air sungai untuk mencuci, menggunakan detergen atau sabun cuci berjumlah 40 orang (80%) dan yg tidak berjumlah 10 orang (20%). Masyakat yang tidak memiliki tempat sampah yang berjumlah 30 orang (60%) dan yang memiliki tempat sampah berjumlah 20 orang (40%). Masyarakat yang memiliki tempat sampah dan membuang sampah kesungai y berjumlah 11 orang (55%) dan yang tidak terdapat 9 orang (45%). (2) Partisipasi masyarakat dalam pengendalian pencemaran Sungai Mencirim Kecamatan Binjai Selatan kota Binjai meliputi: Masyarakat yang tidak ikut berpartisipasi dalam pengendalian pencemaran sungai adalah 27 orang (54%) dan hanya 23 orang (46%) yg berpartisipasi. Partisipasi dalam bentuk pikiran/tenaga yaitu gotong royong dan diskusi berjumlah 18 orang (78,26%), barang yaitu alat kebersihan dan tempat sampah berjumlah 4 orang (8%), dan dalam bentuk uang/dana dengan jumlah 1 orang (2%).

Kata Kunci: Aktifitas dan Partisipasi Masyarakat, Pencemaran Sungai


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/tgeo.v4i1.5790

Article Metrics

Abstract view : 111 times
PDF - 22 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.