ANALISIS KETERSEDIAAN SARAN PENDIDIKAN KECAMATAN SIDIKALANG
DOI:
https://doi.org/10.24114/tgeo.v4i2.5809Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketersediaan sarana Pendidikan di Kecamatan sidikalang, dilihat dari 3 indikator yaitu satuan pendidikan, luas lahan, dan Prasarana pada tingkat Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI), Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah/Kejuruan (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/K) dan merujuk pada Peraturan Menteri Pendidikan nomor 24 tahun 2007. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Sidikalang tahun 2013. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumentasi, teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) jumlah penduduk dengan jumlah sekolah yang ada pada jenjang pendidikan SD/MI, SMP/NTs/, SMA/MA/K 2) luas lahan dengan jumlah rombel pada jenjang sekolah dasar belum sesuai standar , 3) Prasaran yang ada pada tingkat SD belum sesuai, 4) luas lahan dengan jumlah rombel ditingkat SMP/MTs belum terdapat sekolah yang sesuai, 5) prasarana pada tingkat SMP masih sangat minim. 6) Luas lahan pada tingkat SMA/MA/K juga tidak sesuai, banyak sekolah yang memiliki rombel melebihi kapasita. (6) prasarana yang ada di tingkat SMA juga masih sangat minim. Dari penjelasan tersebut dapat dilihat bahwa ketersediaan sarana pendidikan di Kecamatan Sidikalang sangat memprihatinkan. Kata Kunci: Sarana PendidikanDownloads
Published
2015-12-01
How to Cite
Malau, D. (2015). ANALISIS KETERSEDIAAN SARAN PENDIDIKAN KECAMATAN SIDIKALANG. Tunas Geografi, 4(2), 61–67. https://doi.org/10.24114/tgeo.v4i2.5809
Issue
Section
Articles