ANALISIS PENGEMBANGAN PARIWISATA DI KOTA MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.24114/tgeo.v4i2.5828Abstract
Pengembangan sektor pariwisata tidak dapat berkembang baik apabila tidak didukung oleh tersedianya unsur-unsur pariwisata, salah satunya fasilitas sarana prasarna yang memadai, baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Pengaruh yang kuat dari usaha nyata dan sistematis terhadap perkembangan sektor pariwisata dapat dilihat dari perkembangan dan pertumbuhan akan fasilitas dan sarana dan prasarana sektor pariwisata tersebut.Hasil penelitian menujukkan bahwa pengembangan pariwisata di Kota Medan ditandai dengan telah tersedianya unsur-unsur pariwisata meliputi politik pemerintahan, atraksi, aksesibilitas, sarana dan prasarana, pemasaran, ramah tamah, dan SDM Kota Medan sebagai pelaku utama kegiatan wisata di Kota Medan. Selanjutnya perumusan strategi dilakukan dengan memanfaatkan analisis SWOT sehingga diperoleh suatu alternatif strategi dalam pengembangan pariwisata Kota Medan berupa strategi kekuatan-peluang (SO), strategi kekuatan-kelemahan (S-T), strategi kelemahan-peluang (W-O) dan strategi kelemahan-ancaman (W-T).Kata kunci: pengembangan pariwisata, unsur-unsur pariwisata, Analisis SWOTDownloads
Published
2015-12-01
How to Cite
Sari, P. P. (2015). ANALISIS PENGEMBANGAN PARIWISATA DI KOTA MEDAN. Tunas Geografi, 4(2), 77–82. https://doi.org/10.24114/tgeo.v4i2.5828
Issue
Section
Articles