ANALISIS PENGEMBANGAN PARIWISATA DI KOTA MEDAN

Putri Puspita Sari

Abstract


Pengembangan sektor pariwisata tidak dapat berkembang baik apabila tidak didukung oleh tersedianya unsur-unsur pariwisata, salah satunya fasilitas sarana prasarna yang memadai, baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Pengaruh yang kuat dari usaha nyata dan sistematis terhadap perkembangan sektor pariwisata dapat dilihat dari perkembangan dan pertumbuhan akan fasilitas dan sarana dan prasarana sektor pariwisata tersebut.

Hasil penelitian menujukkan bahwa pengembangan pariwisata di Kota Medan ditandai dengan telah tersedianya unsur-unsur pariwisata meliputi politik pemerintahan, atraksi, aksesibilitas, sarana dan prasarana, pemasaran, ramah tamah, dan SDM Kota Medan sebagai pelaku utama kegiatan wisata di Kota Medan. Selanjutnya perumusan strategi dilakukan dengan memanfaatkan analisis SWOT sehingga diperoleh suatu alternatif strategi dalam pengembangan pariwisata Kota Medan berupa strategi kekuatan-peluang (SO), strategi kekuatan-kelemahan (S-T), strategi kelemahan-peluang (W-O) dan strategi kelemahan-ancaman (W-T).

Kata kunci: pengembangan pariwisata, unsur-unsur pariwisata, Analisis SWOT


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/tgeo.v4i2.5828

Article Metrics

Abstract view : 1225 times
PDF - 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright ©2020 Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan dan Ikatan Geograf Indonesia (IGI)

Creative Commons License


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.