ANALISIS PERMUKIMAN PENDUDUK DI KELURAHAN PULO BRAYAN DARAT I KECAMATAN MEDAN TIMUR

Mahatir Asad, Muhammad Arif

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Keadaan permukiman penduduk di Kelurahan Pulo Brayan Darat I ditinjau dari kualitas rumah tinggal (jenis lantai, atap, dinding, ruang tamu dan kamar tidur) (2) Keadaan permukiman penduduk di Kelurahan Pulo Brayan Darat I ditinjau dari kualitas lingkungan rumah tinggal (limbah padat dan limbah cair).

Penelitian ini dilaksanakan di Kelurahan Pulo Brayan Darat I 2013. Populasidalam penelitian ini adalah seluruh kepala keluarga yang bermukim di Kelurahan Pulo Brayan Darat I yang berjumlah 4497 KK dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 98 KK dengan menggunakan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yakni teknik analisis deskriptif kualitatif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Keadaan permukiman penduduk ditinjau dari kualitas rumah tinggal, yang dilihat dari kondisi fisik dan kondisi fasilitas rumah menunjukkan bahwa sebesar 19,40% responden memiliki kualitas rumah tinggal yang diketegorikan baik dan sebesar 47,94% kualitas rumah responden dikategorikan sedang, sedangkan sisanya 32,66% kualitas rumah responden dikategorikan buruk (2) Keadaan permukiman penduduk ditinjau dari kualitas lingkungan rumah tinggal yang dilihat dari sistem pembuangan limbah padat dan sistem pembuangan limbah cair serta jarak sumur ke tempah limbah atau septik tank menunjukkan bahwa sebesar 31,63% responden memiliki kualitas lingkungan yang dikategorikan baik, 54,08% memiliki kualitas lingkungan yang dikategorikan sedang dan sisanya memiliki kualitas lingkungan yang diketegoorikan buruk yaitu sebesar 14,29%.

Kata kunci: Permukiman Penduduk


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/tgeo.v4i2.5829

Article Metrics

Abstract view : 43 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.