ANALISIS TINGKAT EROSI TANAH DI KECAMATAN SIANJUR MULA-MULA KABUPATEN SAMOSIR

Gunawan Sagala

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat erosi tanah di Kecamatan Sianjur Mula-Mula Kabupaten Samosir. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh Wilayah di Kecamatan Sianjur Mula-Mula. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, studi dokumenter dan teknik pengukuran yaitu teknik deskriptif. Penentuan erosi tahunan dilakukan dengan metode USLE digunakan parameter antara lain: faktor-faktor erosivitas hujan (R), faktor erodibilitas tanah (K), faktor panjang dan kecuraman lereng (LS) dan faktor pengelolaan tanaman dan tindakan konservasi (CP).

Hasil penelitian menunjukkan nilai tingkat erosi normal ditemukan pada jenis penutupan lahan hutan primer sebesar 0.13 Ton/ha/thn. 53,74 ton/ha/thn dan 45,72 ton/ha/thn  dengan penutupan  lahan tegalan dan hutan sekunder,  283,30 ton/ha/thn (berat) dengan penutupan lahan kebun campur serta 578,60 ton/ha/thn  (sangat berat) dengan penutupan lahan padang rumput.

Kata kunci: Tingkat Erosi Tanah


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/tgeo.v4i2.5830

Article Metrics

Abstract view : 229 times
PDF - 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright ©2020 Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan dan Ikatan Geograf Indonesia (IGI)

Creative Commons License


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.