EKSISTENSI JEMBATAN TABAYANG TERHADAP KEADAAN SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT DI KECAMATAN SEI KEPAYANG BARAT KABUPATEN ASAHAN

Ajura Sandra Devi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1)Eksistensi jembatan tabayang terhadapa keadaan Sosial Masyarakat Kecamatan Sei Kepayang Barat. (2) Eksistensi Jembatan Tabayang Terhadap Keadaan Ekonomi Masyarakat Kecamatan Sei Kepayang Barat.

Penelitian ini dilaksanakan di kecamatan Sei Kepayang Barat 2013. Populasi dalam penelitia ini adalah1577 KK . Sampel dalam penelitian ini diambil 10% yang berjumlah 158KK. Data dikumpulkan dengan teknik  komunikasi langsung dan. Teknik analisa data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif.

Hasil penelitian ini menunjukan (1) pendidikan anak di Kecamatan Sei Kepayang Barat mengalami peningkatan, maka tingkat pendidikan anak di Kecamatan Sei Kepayang Barat tergolong sedang  dilihat paling banyak anak berpendidikan  SMA 31,60%, dan paling sedikit anak berpendidikan Perguruan tinggi sebanyak 4,40%. Dilihat dari segi pekerjaan penduduk, paling banyak penduduk Kecamatan Sei Kepayang Barat bekerja sebagai nelayan 29.11% dan paling sedikit bekerja sebagai pengusaha ikan 0,63%. Dilihat dari segi transformasi pekerjaan,penduduk yang mengalami transformasi pekerjaan adalah mereka yang bekerja sebagai penarik sampan penyeberangan lebih banyak beralih perkerjaan menjadi penarik ojek dan penarik becak mesin 31,81%. (2) Eksistensi jembatan terhadap keadaan ekonomi masyarakat Kecamatan Sei Kepayang Barat dilihat dari segi pendapatan, penduduk di Kecamatan Sei Kepayang Barat  masih tergolong miskin sebanyak 44,30% jumlah pendapatan kepala keluarga berada pada Rp< 1.270.000 dan paling sedikit pendapatan tergolong cukup sebanyak 12,65% jumlah pendapatan keluarga pada Rp 1.270.000-1.663.000. Tidak ada perubahan pendapatan yang jelas setelah beroperasinya jembatan tabayang, sebanyak 46,83% menyatakan tidak ada perubahan terhadap pendapatan.

 

Kata kunci: Jembatan Tabayang, Keadaan Sosial Ekonomi


Full Text:

pdf


DOI: https://doi.org/10.24114/tgeo.v4i2.5831

Article Metrics

Abstract view : 35 times
pdf - 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.