EVALUASI KESESUAIAN LAHAN PADA TANAMAN PADI SAWAH DI KECAMATAN STABAT KABUPATEN LANGKAT

Suparnia Suparnia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) karakteristik lahan (regim temperatur, ketersediaan air, kondisi perakaran, daya menahan unsur hara, ketersediaan unsur hara, keracunan (salinitas), dan medan)  yang ada di Kecamatan Stabat Kabupaten Langkat. (2)  tingkat kesesuaian lahan persawahan di kecamatan Stabat terhadap tanaman padi sawah.

Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Stabat. Populasi seluruh lahan sawah di Kecamatan Stabat dan sekaligus  sampel penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pengukuran, analisis Laboratorium dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik analisis deskriptif dan teknik matching.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Lahan pertanian untuk tanaman padi sawah di Kecamatan Stabat pada umumnya memiliki karakteristik lahan yaitu suhu rata-rata tahunan 28º C, jumlah bulan kering 2,5, dengan curah hujan rata-rata tahunan 1812,4 mm/tahun. Dalam kondisi perakaran, mempunyai kondisi drainase berkisar agak buruk sampai sangat buruk, bertekstur liat dan liat berdebu, kedalaman efektif 50-60 cm dan tergolong sedang. Dari segi daya menahan unsur hara bahwa KTK tersedia di daerak penelitian 14,13-25,26 me/100g (rendah sampai tinggi), dan pH tanahnya berkisar 5,5 hingga 5,92 (asam). Untuk ketersediaan unsur hara mempunyai kandungan nitrogen 0,15-0,19% (rendah), kandungan posfor tersedia 1,14-10,31 ppm (rendah sampai tinggi), dan kandungan potasium 0,35-52 me/100gr. Kondisi salinitas 2,4-10,2 mmhos/cm (bebas hingga sedang). Pada kualitas lahan berupa medan memiliki karakteristik kemiringan lereng berkisar 2-8%, tidak ditemukan batuan permukaan dan singkapan batuan di daerah penelitian. (2) Tingkat kesesuaian lahan untuk tanaman padi sawah di Kecamatan Stabat berkisar antara kelas cukup sesuai (moderately suitable) hingga tidak sesuai saat ini (currently not suitable). Dengan kelas kesesuaian lahan paling dominan adalah kelas tidak sesuai saat ini (N1).

Kata kunci: Evaluasi Kesesuaian Lahan, Karakteristik Lahan.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/tgeo.v4i2.5832

Article Metrics

Abstract view : 314 times
PDF - 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.