ANALISIS KETERSEDIAAN FASILITAS PELAYANAN EKONOMI DALAM PENGEMBANGAN WILAYAH KECAMATAN SALAK KABUPATEN PAKPAK BHARAT

Olotci Berutu, Maringat Sirait

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) ketersediaan fasilitas pelayanan ekonomi meliputi fasilitas pasar, toko, kios atau warung, reparasi sepeda motor dan fasilitas bank, (2) tingkat aksesibilitas wilayah Kecamatan Salak.

Penelitian ini dilakasanakan di Kecamatan Salak  Tahun  2013. Dalam penelitian yang menjadi Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh Desa di Kecamatan Salak yang memiliki fasilitas pelayanan ekonomi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik studi dokumenter. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitaif.

Hasil penelitian menunjukkan : (1) fasilitas pelayanan ekonomi di Kecamatan Salak meliputi fasilitas pasar, toko, kios atau warung, reparasi sepeda motor dan fasilitas bank sudah tersedia namun melebihi kebutuhan penduduk. Fasilitas pasar yang tersedia 2 unit yang dibutuhkan 1 unit, fasilitas toko yang tersedia 20 unit yang dibutuhkan 3 unit, fasilitas kios atau warung yang tersedia 144 unit yang dibutuhkan 3 unit, fasilitas reparasi sepeda motor yang tersedia 26 unit yang dibutuhkan 3 unit dan fasilitas bank yang tersedia 2 unit yang dibutuhkan 1 unit. Ketersediaan fasilitas pelayanan ekonomi di Kecamatan Salak  berlebih sebanyak 173 unit unit. (2) tingkat aksesibilitas wilayah di Kecamatan Salak yang memiliki daya tarik paling kuat desa Salak II.

Kata Kunci:     Fasilitas Pelayanan Ekonomi, Pengembangan Wilayah

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/tgeo.v4i2.5833

Article Metrics

Abstract view : 88 times
PDF - 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.