FAKTOR- FAKTOR YANG MENDORONG PENERAPAN DIVERSIFIKASI TANAMAN DI DESA RAYA BAYU KECAMATAN RAYA KABUPATEN SIMALUNGUN

Minarti Purba

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui faktor- faktor yang mendorong petani melakukan penerapan diversifikasi tanaman. 2) Mengetahui pengaruh diversifikasi pertanian terhadap pendapatan petani di Desa Raya Bayu, Kecamatan Raya, Kabupaten Simalungun.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kepala keluarga yang melakukan pertanian diversifikasi baik sebagai sumber mata pencaharian pokok maupun mata pencaharian sampingan .Populasi dalam penelitian ini yaitu berjumlah  300 KK. Sedangkan pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling yaitu  sebanyak 45 KK. Data yang dikumpulkan menggunakan teknik komunikasi langsung. Metode yang digunakan yaitu wawancara (Interview), observasi dan studi dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif.

Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Faktor – faktor yang mendorong penerapan diversifikasi tanaman yaitu  luas lahan yang tergolong sempit (62,22 %). Kesesuaian lahan yang sesuai(100%). Modal yang dimiliki responden 100 % berasal dari modal sendiri, Pengetahuan (48,89%), Pengalaman bertani (53,33%). 2) Penerapan diversifikasi tanaman sangat berpengaruh kepada pendapatan responden. Berdasarkan hasil yang diperoleh bahwa pendapatan responden mayoritas berada diatas UMR Sumatera Utara (Rp.1.200.000,- / bulan) yaitu sebanyak ada 31  responden (68,89%). 

Kata kunci: Diversifikasi tanaman, Faktor- faktor, Pendapatan

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/tgeo.v5i1.5851

Article Metrics

Abstract view : 794 times
PDF - 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.