HUBUNGAN KREATIVITAS GURU TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 12 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Yunmiati Pohan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Kreativitas Guru Terhadap Efektivitas Pembelajaran Geografi di SMA Negeri 12 Medan.
Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli-Agustus. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X, XI IPS, dan XII IPS sebanyak 518 orang. Sampel dalm penelitian ini diambil secara proposional random sampling sebanyak 100 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan observasi yang dilihat dari APKG I dan APKG II serta membagikan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan rumus product moment.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Hubungan Kreativitas Guru Terhadap Efektivitas Pembelajaran Geografi di SMA Negeri 12 Medan bahwa dengan hasil r hitung adalah sebesar 0,660 apabila dibandingkan dengan r tabel pada taraf signifikansi 1% dengan n=100, maka r tabel sebesar 0,256 sesuai dengan ketentuan apabila r hitung > r tabel atau 0,660 > 0,256, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara kreativitas guru dengan efektivitas pembelajaran geografi di SMA Negeri 12 Medan dan hipotesis diterima.

Kata kunci: Kreativitas Guru, Efektivitas Pembelajaran Geografi


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/tgeo.v5i1.5854

Article Metrics

Abstract view : 122 times
PDF - 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.