Pengaruh Model Role Playing Terhadap Kemampuan Berbalas Pantun Siswa Kelas X SMA Parulian 2 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014

Nurtani silalahi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran role playing terhadap kemampuan siswa berbalas pantun siswa kelas X SMA Parulian 2 Medan tahun pembelajaran 2013/2014. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Parulian 2 Medan sebanyak 159 orang. Sampel diambil sebanyak 80 orang, 40 orang untuk kelas eksperimen dan 40 orang untuk kelas kontrol. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah unjuk kerja berbalas pantun secara lisan. Hasil pengolahan data diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 85,63 kategori sangat baik. Identifikasi hasil post test dengan pembelajaran konvensional tersebut dalam kategori cukup. Sedangkan untuk kelas kontrol adalah 63,62. Setelah uji homogenitas kedua sampel hasilnya adalah homogen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Dari perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung = 4,92, selanjutnya dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan df = (N1 +N2) - 2 = 78. Pada tabel t dengan df = 78 diperoleh ttabel pada taraf signifikansi 5% = 1,99. Kriteria pengujian menyatakan bahwa Ha diterima karena thitung> ttabel (4,92>1,99), maka model role playing memiliki pengruh terhadap kemampuan siswa berbalas pantun kelas X SMA Parulian 2 Medan tahun pembelajaran 2013/2014.
Kata kunci: Model; Role Playing; Kemampuan Berbalas Pantun

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/bss.v3i2.1451

Article Metrics

Abstract view : 113 times
PDF - 187 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2014 Nurtani silalahi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.