PENERAPAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVIS SOSIAL DALAM
Abstract
ABSTRAK
Pembelajaran merupakan proses interaksi peserta didik dengan lingkungan yang berlangsung berkelanjutan menjadi pengalaman hidupnya. Dalam proses tersebut siswa menyesuaikan pengetahuan yang diterimanya dengan pengetahuan sebelumnya untuk membangun pengetahuan yang baru. Peserta didik mempunyai cara berpikir yang dapat menghadapi suatu fenomena baru dan menemukan pemahaman untuk pemecahan (solusi) sesuatu persoalan yang sedang dihadapi. Prinsip konstruktivisme dalam pembelajaran antara lain : (1) Pengetahuan dibangun oleh siswa sendiri, baik secara personal maupun secara sosial; (2) Pengetahuan tidal dipindahkan dari guru ke siswa, kecuai dengan keaktifan siswa sendiri untuk beralar; (3) Sisiwa aktif mengkonstruksi secara terus menerus, sehingga terjadi perubahan konsep menuju ke konsep yang lebih rinci.tugas guru yang terpenting yaitu menghargai, menerima perbedaan pemikiran siswa dan harus menguasai bahan.
Kata Kunci : Pendekatan pembelajaran, kemampuan berpikir, guru mengajar,
psikologi pendidikanFull Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jh.v2i1.1733
Article Metrics
Abstract view : 7916 timesPDF - 6905 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 1970 EFFENDI MANALU
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.