PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE TGT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA DI SDN 020276 BINJAI TIMUR

Herawati Bukit

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran koperatif tipe TGT. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian  adalah siswa kelas IV berjumlah 23 orang. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Pada siklus I pertemuan 1 yaitu 13,04% dengan rata- rata 43,38, siklus I pertemuan 2 tergolong rendah yaitu 34,78% dengan rata-rata 56,70, siklus II pertemuan 1 tergolong sangat tinggi yaitu 86,95% denga rata-rata 72,10 dan siklus II pertemuan 2 tergolong sangat tinggi yaitu 100% dengan rata-rata 86,05. Hasil lembar observasi guru mengalami peningkatan pada siklus I pertemuan 1 adalah 60,71%, siklus I pertemuan 2 adalah 75%, siklus II pertemuan 1 adalah 89,28% dan siklus II pertemuan 2 adalah 100% dan rata-rata keseluruhan adalah 81,24%.

Kata Kunci : Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Team Games Tournament


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jh.v4i1.2869

Article Metrics

Abstract view : 331 times
PDF - 160 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Herawati Bukit

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.