EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DAN PROBLEM POSING DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 TEBING TINGGI
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu dengan desain faktorial 2 x 3. Pengambilan sampel dilakukan dengan stratified cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 188 orang dengan rincian 97 orang untuk kelas eksperimen 1 dan 91 orang untuk kelas eksperimen 2. Instrumen yang digunakan adalah tes prestasi belajar dan angket gaya belajar siswa. Uji keseimbangan menggunakan uji rerata t, dengan diperoleh kesimpulan bahwa kedua kelompok eksperimen dalam keadaan seimbang. Diperoleh kesimpulan bahwa: (1) Pendekatan pembelajaran RME memberikan prestasi yang sama dengan pendekatan Problem Posing. (2) Terdapat perbedaan efek gaya belajar. (3) Perbedaan prestasi belajar dari masing-masing metode pembelajaran tidak konsisten terhadap masing-masing gaya belajar siswa dan sebaliknya.
Kata kunci : Realistic Mathematics Education (RME), Problem Posing, Gaya Belajar Siswa
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jh.v5i2.6532
Article Metrics
Abstract view : 397 timesPDF - 271 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Rondang .
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.