PENGARUH METODE PETA PIKIRAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR DI SMA NEGERI 2 TEBING TINGGI

Rappel Situmorang

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode peta pikiran terhadap hasil belajar siswa dan aktivitas belajar siswa kelas X pada materi pokok Suhu dan Kalor di SMA Negeri 2 Tebing Tinggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Tebing Tinggi yang terdiri dari 6 kelas berjumlah 240 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 6 kelas secara acak yaitu kelas X-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-4 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 38 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 20 soal dan untuk mengamati aktivitas belajar siswa digunakan lembar observasi. Hasil penelitian nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 51,4 dengan standar deviasi 9,9 dan nilai rata-rata kelas kontrol 51,1 dengan standar deviasi 12,6. Hasil uji t data pretest diperoleh kemampuan awal siswa pada kedua kelas sama. Di kelas eksperimen diajar dengan metode peta pikiran dan kelas kontrol dengan metode pembelajaran konvensional. Pada saat diberikan perlakuan dilakukan juga pengamatan aktivitas belajar siswa dengan peningkatan aktivitas belajar dari pertemuan I dan pertemuan II sebesar 71,2 termasuk kategori aktif. Setelah pembelajaran selesai maka dilakukan postest dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 74,9 dengan standar deviasi 9,6 dan kelas kontrol 64,2 dengan standar deviasi 10,6, pengujian data postest dari kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Dari uji statistik t diperoleh kesimpulan ada pengaruh yang signifikan metode peta pikiran terhadap hasil belajar siswa pada materi Suhu dan Kalor di Kelas X Semester II SMA Negeri 2 Tebing Tinggi.


Keywords


Kata kunci: metode, peta pikiran, hasil belajar, suhu, kalor

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v19i1.3042

Article Metrics

Abstract view : 294 times
PDF - 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)