PENINGKATAN PENGETAHUAN KONSEPTUAL TINGGI PADA MATA KULIAH FISIKA UMUM I DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH

Abu Bakar

Abstract


Abstrak Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikanpenerapan model pembelajaran berbasis masalah dan peningkatan ketrampilanberpikir tingkat tinggi pengetahuan konseptual mahasiswa tingkat pertama.Yang menjadi subyek penelitian adalah mahasiswa Jurusan Biologi ProgramEsktensi semester I Tahun 2014 FMIPA Universitas Negeri Medan. Penelitianini dilaksanakan dalam dua siklus yang meliputi perencanaan, pelaksanaan,observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapanmodel pembelajaran berbasis masalah meningkatkan ketrampilan berpikirtingkat tinggi pengetahuan konseptual. Ini terlihat dari perolehan skor pretesdan postes yang meningkat dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan pengolahandata siklus I, dapat disimpulkan ada dampak pembelajaran pada ketrampilanberpikir tingkat tinggi pada pengetahuan konseptual, namun masih dalamkategori rendah. Pada siklus II terjadi peningkatan ketrampilan berpikir tingkattinggi pada pengetahuan konseptual setelah sesi pembelajaran, namun demikianpeningkatan yang teramati itu masih dalam kategori rendah. 







Keywords


Pembelajaran Berbasis Masalah, Berpikir Tingkat Tinggi, Pengetahuan Konseptual.

Full Text:

PDF

References


Alibali, M (2006) Does visual scaffolding facilitate

students’ mathematics learning?

Evidence from early algebra.

http://ies.ed.gov/funding/grantsearch

Anderson, L. W. & Krathwohl, D. R. (Eds.)

(2001). A taxonomy for learning,

teaching, and assessing:A revision of

Bloom’s taxonomy of educational

bjectives. New York: Longman.

Anonim, (2013) Rasional Kurikulum. Badan

Pengembangan Sumber Daya

Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu

Pendidikan, Kementrian Pendidikan

dan Kebudayaan

Arends, RI (2012) Learning to Teach. New York:

McGraw-Hill

Bloom, B. S., Engelhart, M. D., Furst, E. J., Hill,

W. H., & Krathwohl, D. R. (1956).

Taxonomy of educational objectives:

Handbook I: Cognitive domain. New

York: David McKay.

Cobb, P. (1994) Constructivism and Learning. In

Husen, T. & Postlethwaite, T. N. (Eds.),

International Encyclopedia of

Education, Oxford: Pergamon Press

Ding, L.; et al (2011) Exploring the Role of

Conceptual Scaffolding in Solving

Synthesis Problems. Physical Review

Special Topics-Physics Education

Research 7, 020109

http://prst-per.aps.org/

Honebein, P. (1996) Seven Goals for Design

Constructivist Learning Environments.

New Jersey: Educational Technology

Publications

Lee, KW., et al (1996) Cognitive Variable in

Problem Solving in Chemistry, A

Revisited Study, Science Education,

New York: John Wiley & Sons

Munaf, S. (2001). Evaluasi Pendidikan Fisika.

Bandung: FPMIPA UPI

OECD (2013), PISA 2012 Assessment and

Analytical Framework: Mathematics,

Reading, Science, Problem Solving and

Financial Literacy. OECD Publishing.

http://dx.doi.org/10.1787/978926419051

-en

Kiley, M; et all (2005) Problem-based Learning,

The University of Adelaide Pranata,

R., et all (2013) Pengaruh

Implementasi Model Rekonstruksi

Sosial Vigotsky dengan Teknik

Scaffolding terhadap Sikap Sosial dan

Prestasi Belajar IPS, e-Journal

Program Pascasarjana Universitas

Pendidikan Ganesha Program Studi

Pendidikan Dasar (Vol.3 Tahun 2013)

Nguyen, DD (2009) A Study of the

Implementation of a Problem-Based

Learning Approach in University Classes in Vietnam: A thesis submitted in the

total fulfilment of the requirements

for the degree of Doctor of

Philosophy. School of Education

College of Design and Social Context

RMIT University

Santyasa, IW (2008) Pembelajaran Berbasis

Masalah dan Pembelajaran Koperatif,

Disajikan dalam Pelatihan tentang

Pembelajaran dan Asesmen Inovatif

bagi Guru-Guru Sekolah Menengah

di Kecamatan Nusa Penida, tanggal

, 23, dan 24 Agustus 2008 di Nusa

Penida.

Savinainen, A. & Scott, P. 2002. The Force

Concept Inventory: a tool for

monitoring student learning. Physics

Education, 37(1)

Strobel, J., Barneveld, A. (2009) When is PBL

More Effective? A Metasynthesis of

Meta-analyses Comparing PBL to

Conventional Classrooms,

Interdisciplinary Journal of Problembased

Learning Volume 3 Issue 1,

Published in Open Access Format

Supported by Teaching Academy at

Purdue University, the School of

Education at Indiana University, and

the Instructional Design and

Technology program at the

University of Memphis.

http://docs.lib.purdue.edu/cgi/viewco

ntent.cgi?article=1046&context=ijpb

Suparno, P (2005) Miskonsepsi dan Perubahan

Konsep dalam Fisika. Jakarta: Grasindo

Tan, OS (2003) Problem-Based Learning

Innovation, Using Problems to Power

Learning in the 21st Century.

Singapore: Cengage Learning

Vygotsky, LS (1978) Mind in society: the

development of higher psychological

processes. London: Harvard

University Press

Wardana, N. 2012. Pengaruh Penerapan

Model Pembelajaran Berbasis

Masalah dan Ketahanmalangan

Siswa terhadap Kemampuan Berpikir

Tingkat Tinggi dan Pemahaman

Konsep Fisika, Jurnal Penelitian

Pascasarjana Undiksha Vol 2 no. 1

http://pasca.undiksha.ac.id/ejournal/index.php/jurnal_ipa/article/




DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v21i2.3367

Article Metrics

Abstract view : 186 times
PDF - 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)