PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PENGGUNAAN CTL PADA PEMBELAJARAN IPA DI SMP WILAYAH II KABUPATEN SERDANG BEDAGAI

Sarmauli Sitorus

Abstract


Penelitian ini berangkat dari perlunya dilakukan pembinaan peningkatan
kompetensi pedagogik guru dalam menyusun RPP dan melaksanakan pembelajaran. Salah satu diantaranya menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian Tindakan Sekolah merupakan salah satu sarana yang tepat untuk meneliti, menyempurnakan dan mengevaluasi pengelolaan pembinaan oleh pengawas. Penelitian ini bertujuan untuk memotivasi guru IPA, meningkatkan kompetensinya dalam menyusun RPP dan melaksanakan proses pembelajaran yang bermutu dan bermakna, dalam hal ini menggunakan strategi CTL. Hasil penelitian penerapan pendekatan CTL terbukti signifikan meningkatkan kompetensi pedagogik guru dalam penggunaan CTL pada pembelajaran IPA di SMP. Hasil pengamatan tentang penyusunan RPP dan LKPD berbasis CTL dalam pelatihan/pearteaching Siklus I ke Siklus II terjadi peningkatan 20% dan hasil pengamatan tentang pelaksanaan proses pembelajaran mengalami peningkatan 16,11%. Jadi dengan
pelatihan/pearteaching guru-guru menggunakan pendekatan Contexstual Teaching and Learning pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan kompetensi pegagogik guru IPA di SMP


Keywords


Kompetensi pedagogik, proses pembelajaran, strategi CTL

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2005. Dasar-Dasar Evaluasi

Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara

Depdiknas. 2003. Standar Kompetensi

Kurikulum 2004. Jakarta :

Puslitbang Debdiknas

Johnson, Elaine B. 2002. Contextual Teaching

and Learning. What it is and why it’s

here to stay. California : Corwin

PRESS

Sanjaya, W. 2010 . Strategi Pembelajaran

Berorientasi Standar Proses

Pendidikan. Kencana Prenada

Media group, Jakarta

Sastrawijaya, A. T. 1991. Pengembangan

Program Pengajaran.Jakarta:Rineka

Siregar, P. (2006), Pengaruh Pembelajaran

CTL (Contextual Teaching and

Learning) dalam Meninggkatkan Hasil

Belajar Fisika Siswa pada Materi

Pokok Bunyi di Kelas VIII Semester II

di SMP Negeri 1 Silangkitang,

Skripsi FMIPA UNIMED, Medan.




DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v22i1.6153

Article Metrics

Abstract view : 141 times
PDF - 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN