MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE KELAS IV SD NEGERI 101868 DESA SENA BATANG KUIS
Abstract
ABSTRAK
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar IPS siswa pada mata pelajaran IPS. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Word Square pada mata pelajaran IPS materi pokok teknologi produksi, komunikasi dan transportasi. Penelitian dilakukan selama 2 siklus. Masing-masing siklus terdapat 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan data observasiyang memiliki 8 indikator dan setiap indikator memiliki 4 deskriptor. Berdasarkan analisis data hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil observasi pada siklus I terhadap 31 orang siswa sebanyak 7 orang siswa (22,58%) memiliki kategori termotivasi, 13 orang siswa (41.94%) kategori cukup termatovasi, dan 11 orang siswa (35.48%) kategori belum termotivasi, sehingga perlu dilakukan tindakan melalui siklus II. Hasil observasi motivasi siswa pada siklus II mengalami peningkatan yaitu sebanyak 24 orang siswa (77.42%) kategori sangat termotivasi, dan sebanyak 7 orang siswa (22.58%) kategori termotivasi. Berdasarkan temuan dalam penelitian ini dapat dikemukakan bahwa terjadi peningkatan terhadap motivasi belajar siswa. Peningkatan ini membuktikan bahwa tidak perlu dilakukan tindakan pada siklus selanjutnya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Word Square dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi pokok teknologi produksi, komunikasi dan transportasi di kelas IV SD Negeri 101868 Desa Sena Batang Kuis T.A 2013/2014.
Kata kunci: Motivasi belajar, Word Square, Pelajaran IPS.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v2i1.1700
Article Metrics
Abstract view : 534 timesPDF - 246 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
School Education Journal PGSD FIP UNIMED
School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.