UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DI KELAS V MATA PELAJARAN PKN SD NEGERI 164522 TEBING TINGGI

Asmawati Asmawati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa untuk hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Proses Belajar Mengajar (PBM)  Pendidikan Kewarganegaraan di kelas V SD Negeri 164522 Tebing Tinggi.   Penelitian Tindakan kelas ini dilakukan di SD Negeri 164522  Tahun Pelajaran  2014/2015 pada bulan  Februari - April 2015.  Objek yang diteliti adalah siswa kelas V SD Negeri 164522 Tebing Tinggi  yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini terdiri atas tiga siklus yaitu, Siklus awal (45,71 %), Siklus I (76,26 %), Siklus II (92,18%). Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan penerapan metode Tipe Kooperatif  STAD padamata pelajaran PKN dapat membantu siswa dalam memenuhi konsep pembelajaran dan mengasyikan untuk belajar bersama.

Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif, Metode STAD

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v3i1.2180

Article Metrics

Abstract view : 323 times
PDF - 293 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


School Education Journal PGSD FIP UNIMED

Creative Commons License

School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.