PERBAIKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TUTOR SEBAYA DI KELAS IV-A SD NEGERI 088 PANYABUNGAN

Suaidah Suaidah

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan prestasi belajar siswa.Awal KBM dilakukan tes hasil belajar (Pretes), dengan data rata-rata 1,8.Kemudian dilanjutkan KBM, akhir KBM  ke II dan  KBM ke IV dilakukan  tes hasil belajar  formatif I dan formatif II  dengan rata-rata hasil belajar  masing-masing menunjukkan 2,3 dan  3,1. Melihat data tersebut ada perubahan dan perubahan tersebut akibat tindakan guru selama KBM pada siklus II dengan persentase ketuntasan klasikal 55,6% dan 86%.

Data aktivitas siswa menurut pengamatan pengamat pada siklus I antara lain  membaca/menulis (38%), mengerjakan LKS (29%), bertanya sesama teman (19%), bertanya kepada guru (8%), dan yang tidak relevan dengan KBM  (6%). Data aktivitas siswa menurut pengamatan  pada siklus II antara lain  membaca/menulis (26,9%), mengerjakan LKS  (38,8%), bertanya sesama teman (25,0%), bertanya kepada guru (6,9%), dan yang tidak relevan dengan KBM  (2,5%).

 

Kata Kunci : Model, Kooperatif Tipe Tutor



Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v3i2.2936

Article Metrics

Abstract view : 334 times
PDF - 285 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


School Education Journal PGSD FIP UNIMED

Creative Commons License

School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.