PENERAPAN METODE KERJA KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SD KELAS IV
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SD kelas IV dengan menggunakan metode kerja kelompok. Hasil penelitian menyimpulkan : (1) dari hasil observasi motivasi belajar pada tahap awal, diperoleh sebanyak 3 orang yang memiliki motivasi belajar yang tinggi atau 8,57%. (2) dari hasil observasi motivasi belajar pada siklus I diperoleh sebanyak 11 siswa yang memiliki peningkatan motivasi belajar atau 31,43%, sehingga pada siklus I, terdapat 14 siswa yang termotivasi atau 40%. (3) dari hasil observasi motivasi belajar siswa siklus II diperoleh data, siswa yang memiliki motivasi tinggi menjadi 29 orang atau 82,86%, terdapat peningkatan sebanyak 15 siswa yang memiliki motivasi tinggi atau 42,86%.
Kata Kunci: Motivasi Belajar IPS, Metode Pembelajaran Kerja Kelompok
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v6i2.5915
Article Metrics
Abstract view : 465 timesPDF - 238 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
School Education Journal PGSD FIP UNIMED
School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.