PENERAPAN METODE KERJA KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SD KELAS IV

Herawaty Bukit

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SD kelas IV dengan menggunakan metode kerja kelompok. Hasil penelitian menyimpulkan : (1) dari hasil observasi motivasi belajar pada tahap awal, diperoleh sebanyak 3 orang yang memiliki motivasi belajar yang tinggi atau 8,57%. (2) dari hasil observasi motivasi belajar pada siklus I diperoleh sebanyak 11 siswa yang memiliki peningkatan motivasi belajar atau 31,43%, sehingga pada siklus I, terdapat 14 siswa yang termotivasi atau 40%. (3) dari hasil observasi motivasi belajar siswa siklus II diperoleh data, siswa yang memiliki motivasi tinggi menjadi 29 orang atau 82,86%, terdapat peningkatan sebanyak 15 siswa yang memiliki motivasi tinggi atau 42,86%.

 

Kata Kunci: Motivasi Belajar IPS, Metode Pembelajaran Kerja Kelompok


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v6i2.5915

Article Metrics

Abstract view : 465 times
PDF - 238 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


School Education Journal PGSD FIP UNIMED

Creative Commons License

School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.